Rumus Menghitung Luas: Definisi dan Pengertian

Sebelum kita memulai pembahasan tentang rumus menghitung luas, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu luas. Dalam ilmu matematika, luas adalah ukuran bidang datar yang menunjukkan besarnya ruang yang dapat diisi oleh suatu benda pada bidang tersebut. Luas dapat dihitung dengan menggunakan rumus yang sesuai dengan bentuk bidang yang dihadapi.

Rumus Menghitung Luas Segitiga

Segitiga adalah bidang datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Untuk menghitung luas segitiga, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Cara untuk Mencari Luas Persegi - wikiHow

Luas segitiga = ½ x alas x tinggi

Dalam rumus di atas, alas adalah panjang garis yang melintang di bawah segitiga, sedangkan tinggi adalah jarak antara alas dan titik tertinggi segitiga.

Contoh:

Sebuah segitiga memiliki alas sepanjang 10 cm dan tinggi sepanjang 6 cm. Berapakah luas segitiga tersebut?

Jawab:

Luas segitiga = ½ x alas x tinggi
= ½ x 10 cm x 6 cm
= 30 cm2

Rumus Menghitung Luas Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bentuk bidang datar yang memiliki empat sisi, di mana dua sisi sejajar dan panjang, sedangkan dua sisi lainnya sejajar dan pendek. Luas persegi panjang dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Luas persegi panjang = panjang x lebar

Dalam rumus di atas, panjang adalah ukuran sisi yang panjang dan sejajar, sedangkan lebar adalah ukuran sisi yang pendek dan sejajar.

Contoh:

Sebuah persegi panjang memiliki panjang 8 cm dan lebar 4 cm. Berapakah luas persegi panjang tersebut?

TRENDING: 

Jawab:

Luas persegi panjang = panjang x lebar
= 8 cm x 4 cm
= 32 cm2

Rumus Menghitung Luas Lingkaran

Lingkaran adalah bentuk bidang datar yang memiliki jari-jari dan keliling. Luas lingkaran dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Luas lingkaran = π x r2

Dalam rumus di atas, r adalah jari-jari lingkaran, sedangkan π (pi) adalah konstanta matematika yang bernilai sekitar 3,14.

Contoh:

Sebuah lingkaran memiliki jari-jari sepanjang 7 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?

Jawab:

Luas lingkaran = π x r2
= 3,14 x 72
= 153,86 cm2

Rumus Menghitung Luas Trapesium

Trapesium adalah bentuk bidang datar yang memiliki empat sisi, di mana dua sisi sejajar dan dua sisi lainnya tidak sejajar. Luas trapesium dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Luas trapesium = ½ x jumlah alas atas dan alas bawah x tinggi

Dalam rumus di atas, alas atas dan alas bawah adalah panjang garis yang melintang di atas dan di bawah trapesium, sedangkan tinggi adalah jarak antara alas atas dan alas bawah.

Contoh:

Sebuah trapesium memiliki alas atas sepanjang 5 cm, alas bawah sepanjang 10 cm, dan tinggi sepanjang 6 cm. Berapakah luas trapesium tersebut?

Jawab:

Luas trapesium = ½ x jumlah alas atas dan alas bawah x tinggi
= ½ x (5 cm + 10 cm) x 6 cm
= 45 cm2

Rumus Menghitung Luas Jajar Genjang

Jajar genjang adalah bentuk bidang datar yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang. Luas jajar genjang dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Luas jajar genjang = alas x tinggi

Dalam rumus di atas, alas adalah ukuran salah satu sisi jajar genjang, sedangkan tinggi adalah jarak garis yang sejajar dengan alas.

Contoh:

Sebuah jajar genjang memiliki alas sepanjang 8 cm dan tinggi sepanjang 6 cm. Berapakah luas jajar genjang tersebut?

TRENDING: 

Jawab:

Luas jajar genjang = alas x tinggi
= 8 cm x 6 cm
= 48 cm2

Rumus Menghitung Luas Belah Ketupat

Belah ketupat adalah bentuk bidang datar yang memiliki empat sisi sama panjang dan dua diagonal yang saling memotong membentuk sudut-sudut yang sama besar. Luas belah ketupat dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Luas belah ketupat = ½ x diagonal 1 x diagonal 2

Dalam rumus di atas, diagonal 1 dan diagonal 2 adalah ukuran dua diagonal yang saling memotong di dalam belah ketupat.

Contoh:

Sebuah belah ketupat memiliki diagonal 1 sepanjang 10 cm dan diagonal 2 sepanjang 8 cm. Berapakah luas belah ketupat tersebut?

Jawab:

Luas belah ketupat = ½ x diagonal 1 x diagonal 2
= ½ x 10 cm x 8 cm
= 40 cm2

Kesimpulan

Rumus menghitung luas penting untuk diketahui dalam ilmu matematika, terutama bagi kita yang ingin mempelajari geometri. Rumus menghitung luas sangat berguna dalam menyelesaikan berbagai masalah yang melibatkan bidang datar, seperti menghitung luas lahan, luas tembok, luas tanah, dan sebagainya. Dalam pembelajaran, kita perlu menguasai rumus-rumus yang sudah dijelaskan di atas agar dapat menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang datar dengan mudah dan cepat.