Rumus Keliling Segitiga: Menghitung Keliling Segitiga Dengan Mudah

Rumus Keliling Segitiga Adalah

Segitiga merupakan salah satu bentuk bangun datar yang sangat umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Segitiga sendiri memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Salah satu hal yang sangat penting untuk dipahami dalam segitiga adalah keliling segitiga. Keliling segitiga dapat dihitung dengan menggunakan rumus yang sudah ditentukan. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang rumus keliling segitiga adalah.

1. Pengertian Keliling Segitiga

Keliling segitiga merupakan jumlah dari panjang ketiga sisi segitiga tersebut. Dalam matematika, keliling biasa juga disebut dengan istilah perimeter. Keliling segitiga biasa dilambangkan dengan huruf K.

Rumus Keliling Segitiga Adalah K = a + b + c, dimana a, b, dan c adalah sisi dari segitiga.

2. Jenis-jenis Segitiga

Sebelum membahas tentang rumus keliling segitiga, penting untuk memahami terlebih dahulu jenis-jenis segitiga yang ada. Berikut adalah jenis-jenis segitiga yang sering ditemui:

a. Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi adalah segitiga yang memiliki tiga sisi yang sama panjang. Dalam segitiga sama sisi, ketiga sudutnya juga sama besar yaitu 60 derajat.

b. Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki adalah segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang dan satu sisi yang berbeda panjang. Dalam segitiga sama kaki, dua sudut di dekat sisi yang sama panjang juga sama besar.

c. Segitiga Sembarang

Segitiga sembarang adalah segitiga yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut yang berbeda-beda ukurannya.

3. Cara Menghitung Keliling Segitiga

Rumus keliling segitiga adalah K = a + b + c. Dimana a, b, dan c adalah sisi-sisi segitiga. Untuk menghitung keliling segitiga, kita hanya perlu menjumlahkan panjang ketiga sisi segitiga tersebut.

Contoh 1: Hitung Keliling Segitiga Sama Sisi

TRENDING:  Belajar Matematika: Rumus Segitiga Lengkap Untuk Menghitung Luas Dan Keliling

Diketahui sebuah segitiga memiliki panjang setiap sisinya sama panjang, yaitu a = b = c = 5 cm. Hitunglah keliling dari segitiga tersebut!

Penyelesaian:

K = a + b + c

K = 5 cm + 5 cm + 5 cm

K = 15 cm

Jadi, keliling dari segitiga sama sisi tersebut adalah 15 cm.

Contoh 2: Hitung Keliling Segitiga Sama Kaki

Diketahui sebuah segitiga memiliki dua sisi yang sama panjang, yaitu a = b = 6 cm dan sisi lainnya c = 8 cm. Hitunglah keliling dari segitiga tersebut!

Penyelesaian:

K = a + b + c

K = 6 cm + 6 cm + 8 cm

K = 20 cm

Jadi, keliling dari segitiga sama kaki tersebut adalah 20 cm.

Contoh 3: Hitung Keliling Segitiga Sembarang

Diketahui sebuah segitiga memiliki panjang setiap sisinya berbeda-beda, yaitu a = 3 cm, b = 4 cm, dan c = 5 cm. Hitunglah keliling dari segitiga tersebut!

Penyelesaian:

K = a + b + c

K = 3 cm + 4 cm + 5 cm

K = 12 cm

Jadi, keliling dari segitiga sembarang tersebut adalah 12 cm.

4. Kesimpulan

Keliling segitiga merupakan jumlah dari panjang ketiga sisi segitiga. Keliling segitiga dapat dihitung dengan menggunakan rumus K = a + b + c, dimana a, b, dan c adalah panjang sisi-sisi segitiga. Terdapat tiga jenis segitiga, yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. Rumus keliling segitiga dapat digunakan untuk menghitung keliling segitiga dari ketiga jenis segitiga tersebut.