Belajar Mudah Rumus Keliling Persegi Panjang Dan Contoh Soal Untuk Pemula

Rumus Keliling Persegi Panjang dan Contoh Soal

Persegi panjang adalah sebuah bentuk geometri dua dimensi yang memiliki empat sisi. Sisi-sisinya terdiri dari dua pasang sisi yang sama panjang dan saling bersebrangan sejajar. Persegi panjang sangat umum kita temukan di sekitar kita seperti pada bangunan, meja, lemari, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui rumus keliling persegi panjang agar dapat menghitung keliling pada bangunan atau objek-objek lain yang memiliki bentuk persegi panjang. Berikut adalah penjelasan tentang rumus keliling persegi panjang.

Definisi Persegi Panjang

Persegi panjang adalah sebuah bentuk geometri dua dimensi yang terdiri dari dua pasang sisi yang sama panjang dan saling bersebrangan sejajar. Persegi panjang memiliki dua pasang sisi yang berbeda panjang, yaitu panjang dan lebar. Persegi panjang juga memiliki empat sudut yang membentuk sudut siku-siku.

Rumus Keliling Persegi Panjang

Rumus keliling persegi panjang adalah jumlah dari semua sisi persegi panjang. Dalam rumus keliling persegi panjang, kita perlu mengetahui panjang dan lebar persegi panjang. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Keliling = 2 x (panjang + lebar)

Contoh:

Jika panjang persegi panjang adalah 10 cm dan lebarnya adalah 5 cm, maka kelilingnya adalah:

Keliling = 2 x (10 + 5) = 30 cm

Contoh Soal Tentang Keliling Persegi Panjang

Berikut adalah beberapa contoh soal tentang keliling persegi panjang beserta pembahasannya:

Contoh Soal 1: Sebuah papan kayu berbentuk persegi panjang memiliki panjang 12 cm dan lebar 8 cm. Berapa keliling papan kayu tersebut?

TRENDING:  Rumus Keliling Persegi: Cara Mudah Menghitung Keliling Persegi Dengan Tepat

Jawaban: Keliling papan kayu adalah:

Keliling = 2 x (panjang + lebar)
Keliling = 2 x (12 + 8)
Keliling = 2 x 20
Keliling = 40 cm

Jadi, keliling papan kayu adalah 40 cm.

Contoh Soal 2: Sebuah meja berbentuk persegi panjang memiliki keliling 60 cm. Jika lebar meja adalah 10 cm, maka berapa panjang meja tersebut?

Jawaban: Kita dapat menggunakan rumus keliling persegi panjang untuk mencari panjang meja. Rumusnya adalah:

Keliling = 2 x (panjang + lebar)
60 = 2 x (panjang + 10)
60 = 2panjang + 20
2panjang = 60 – 20
2panjang = 40
panjang = 40/2
panjang = 20

Jadi, panjang meja adalah 20 cm.

Penutup

Persegi panjang adalah sebuah bentuk geometri dua dimensi yang terdiri dari dua pasang sisi yang sama panjang dan saling bersebrangan sejajar. Rumus keliling persegi panjang adalah jumlah dari semua sisi persegi panjang. Dalam rumus keliling persegi panjang, kita perlu mengetahui panjang dan lebar persegi panjang. Penting bagi kita untuk mengetahui rumus keliling persegi panjang agar dapat menghitung keliling pada bangunan atau objek-objek lain yang memiliki bentuk persegi panjang.