Rumus Bangun Ruang Prisma

Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki dua bidang alas yang sejajar dan sebangun dengan bidang sisi-sisinya. Bangun ruang prisma memiliki beberapa sifat dan rumus yang perlu dipahami untuk mempermudah penghitungan dan pemodelan. Berikut adalah rumus bangun ruang prisma yang perlu diketahui.

Definisi Prisma

Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki dua bidang alas yang sejajar dan sebangun dengan bidang sisi-sisinya. Prisma terdiri dari dua bagian, yaitu alas dan sisi-sisi tegak. Alas prisma adalah persegi, segitiga, atau poligon lain yang sejajar dan sebangun dengan sisi-sisi prisma. Sisi-sisi tegak prisma adalah segiempat atau segitiga yang memiliki dua sisi yang sama dengan sisi-sisi alas. Prisma juga memiliki tinggi, yaitu jarak antara kedua alasnya.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Rumus Bangun Ruang : Volume, Luas Permukaan & Soal

Luas permukaan prisma adalah jumlah luas semua sisi prisma. Rumus luas permukaan prisma dapat didefinisikan sebagai berikut.

Luas permukaan prisma = 2 x Luas alas + Keliling alas x Tinggi

Rumus ini berlaku untuk semua jenis prisma. Luas alas dapat dihitung dengan rumus luas bidang datar yang sesuai dengan bentuk alas prisma. Keliling alas dapat dihitung dengan rumus keliling bidang datar yang sesuai dengan bentuk alas prisma.

Contoh:
Sebuah prisma segitiga dengan alas segitiga sama sisi dengan panjang sisi 6 cm dan tinggi 8 cm. Hitunglah luas permukaan prisma.

Luas alas = 1/2 x 6 x 8 = 24 cm2
Keliling alas = 3 x 6 = 18 cm
Luas permukaan prisma = 2 x 24 + 18 x 8 = 192 cm2

Rumus Volume Prisma

Volume prisma adalah jumlah ruang yang ditempati oleh prisma. Rumus volume prisma dapat didefinisikan sebagai berikut.

TRENDING:  Belajar Rumus Volume Bangun Ruang: Menghitung Kapasitas Dengan Presisi

Volume prisma = Luas alas x Tinggi

Rumus ini berlaku untuk semua jenis prisma. Luas alas dapat dihitung dengan rumus luas bidang datar yang sesuai dengan bentuk alas prisma.

Contoh:
Sebuah prisma segitiga dengan alas segitiga sama sisi dengan panjang sisi 6 cm dan tinggi 8 cm. Hitunglah volume prisma.

Luas alas = 1/2 x 6 x 8 = 24 cm2
Volume prisma = 24 x 8 = 192 cm3

Rumus Luas Alas Prisma

Luas alas prisma adalah jumlah luas semua sisi alas prisma. Rumus luas alas prisma dapat didefinisikan sebagai berikut.

Luas alas prisma = Luas bidang datar yang sesuai dengan bentuk alas prisma

Rumus ini berlaku untuk semua jenis prisma. Luas bidang datar yang sesuai dengan bentuk alas prisma dapat dihitung dengan rumus luas bidang datar yang sesuai dengan bentuk tersebut.

Contoh:
Sebuah prisma segitiga dengan alas segitiga sama sisi dengan panjang sisi 6 cm dan tinggi 8 cm. Hitunglah luas alas prisma.

Luas alas prisma = 1/2 x 6 x 8 = 24 cm2

Rumus Keliling Alas Prisma

Keliling alas prisma adalah jumlah panjang semua sisi alas prisma. Rumus keliling alas prisma dapat didefinisikan sebagai berikut.

Keliling alas prisma = Keliling bidang datar yang sesuai dengan bentuk alas prisma

Rumus ini berlaku untuk semua jenis prisma. Keliling bidang datar yang sesuai dengan bentuk alas prisma dapat dihitung dengan rumus keliling bidang datar yang sesuai dengan bentuk tersebut.

Contoh:
Sebuah prisma segitiga dengan alas segitiga sama sisi dengan panjang sisi 6 cm dan tinggi 8 cm. Hitunglah keliling alas prisma.

Keliling alas prisma = 3 x 6 = 18 cm

Kesimpulan

Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki dua bidang alas yang sejajar dan sebangun dengan bidang sisi-sisinya. Rumus bangun ruang prisma yang perlu diketahui adalah rumus luas permukaan prisma, rumus volume prisma, rumus luas alas prisma, dan rumus keliling alas prisma. Rumus ini dapat digunakan untuk mempermudah penghitungan dan pemodelan prisma.

TRENDING:  Rumus Volume Bangun Tabung: Cara Mudah Menghitung Volume Tabung Dengan Rumus Yang Tepat