Cara Mencari Keliling Persegi Panjang Dengan Mudah Dan Cepat

Mencari Keliling Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan dua pasang sudut yang sama besar. Keliling persegi panjang dapat dihitung dengan menjumlahkan panjang keempat sisinya. Keliling persegi panjang sangat penting untuk diketahui dalam berbagai situasi, seperti menghitung jumlah kawat yang dibutuhkan untuk memasang pagar, memperkirakan panjang kabel yang diperlukan untuk menghubungkan beberapa perangkat elektronik, dan masih banyak lagi. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari keliling persegi panjang.

Cara Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang

1. Mengetahui Rumus Keliling Persegi Panjang

Langkah pertama dalam mencari keliling persegi panjang adalah mengetahui rumusnya. Rumus keliling persegi panjang adalah sebagai berikut:

K = 2 x (P + L)

K adalah keliling persegi panjang, P adalah panjang persegi panjang dan L adalah lebar persegi panjang.

2. Menentukan Panjang dan Lebar Persegi Panjang

Langkah selanjutnya adalah menentukan panjang dan lebar persegi panjang. Panjang dan lebar persegi panjang dapat ditentukan dengan mengukur sisi-sisinya menggunakan alat pengukur seperti penggaris atau meteran. Setelah panjang dan lebar telah ditentukan, kita dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Menghitung Keliling Persegi Panjang

Setelah mengetahui rumus dan menentukan panjang dan lebar persegi panjang, kita dapat menghitung kelilingnya. Caranya adalah dengan mengalikan jumlah panjang dan lebar dengan angka 2, kemudian menjumlahkannya. Contohnya, jika panjang persegi panjang adalah 10 cm dan lebarnya adalah 5 cm, maka kita dapat menghitung kelilingnya sebagai berikut:

K = 2 x (P + L)

K = 2 x (10 cm + 5 cm)

K = 2 x 15 cm

K = 30 cm

Jadi, keliling persegi panjang dengan panjang 10 cm dan lebar 5 cm adalah 30 cm.

4. Contoh Soal

Berikut adalah beberapa contoh soal untuk mencari keliling persegi panjang:

TRENDING:  Rumus Mudah Mencari Keliling Persegi: Sederhanakan Perhitungan Dengan Cara Ini!

Contoh 1:

Sebuah lapangan sepak bola memiliki ukuran panjang 100 meter dan lebar 50 meter. Berapakah keliling lapangan sepak bola tersebut?

Penyelesaian:

K = 2 x (P + L)

K = 2 x (100 m + 50 m)

K = 2 x 150 m

K = 300 m

Jadi, keliling lapangan sepak bola adalah 300 meter.

Contoh 2:

Sebuah papan kayu memiliki panjang 2 meter dan lebar 40 cm. Berapakah keliling papan kayu tersebut?

Penyelesaian:

K = 2 x (P + L)

K = 2 x (2 m + 0,4 m)

K = 2 x 2,4 m

K = 4,8 m

Jadi, keliling papan kayu adalah 4,8 meter.

Contoh 3:

Seorang petani ingin memasang pagar sepanjang 80 meter di sekeliling kebunnya yang berbentuk persegi panjang dengan panjang 60 meter dan lebar 40 meter. Berapa panjang sisa kawat yang dibutuhkan?

Penyelesaian:

K = 2 x (P + L)

K = 2 x (60 m + 40 m)

K = 2 x 100 m

K = 200 m

Keliling kebun adalah 200 meter, sehingga petani membutuhkan 200 meter kawat untuk memasang pagar. Namun, petani hanya ingin memasang pagar sepanjang 80 meter, sehingga panjang sisa kawat yang dibutuhkan adalah:

Sisa kawat = 200 m – 80 m = 120 m

Jadi, petani membutuhkan 120 meter kawat lagi untuk memasang pagar sepanjang 80 meter di sekeliling kebunnya.

Kesimpulan

Keliling persegi panjang adalah panjang keseluruhan dari semua sisinya. Keliling persegi panjang dapat dihitung dengan rumus K = 2 x (P + L), di mana K adalah keliling persegi panjang, P adalah panjang persegi panjang, dan L adalah lebar persegi panjang. Langkah-langkah untuk mencari keliling persegi panjang adalah mengetahui rumusnya, menentukan panjang dan lebar persegi panjang, dan menghitung kelilingnya. Keliling persegi panjang sangat penting untuk diketahui dalam berbagai situasi, seperti menghitung jumlah kawat yang dibutuhkan untuk memasang pagar, memperkirakan panjang kabel yang diperlukan untuk menghubungkan beberapa perangkat elektronik, dan masih banyak lagi.