Formula Dan Cara Mudah Mencari Keliling Persegi: Pahami Konsep Dan Langkah-langkahnya!

Pendahuluan

Mencari keliling persegi adalah salah satu konsep dasar dalam matematika. Persegi adalah bentuk geometri yang memiliki empat sisi yang sama panjang dan keempat sudut yang sama besar. Keliling persegi adalah jumlah panjang keempat sisinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mencari keliling persegi dengan mudah dan cepat.

Langkah-langkah Mencari Keliling Persegi

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari keliling persegi:

1. Tentukan Panjang Sisi Persegi

Rumus Keliling Persegi, Cara Hitung, dan Contoh Soalnya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan panjang sisi persegi. Biasanya, panjang sisi persegi diberikan dalam soal. Namun, jika tidak diberikan, Anda dapat mengukurnya menggunakan penggaris. Pastikan bahwa semua sisi memiliki panjang yang sama.

2. Hitung Keliling Persegi

Setelah menentukan panjang sisi persegi, langkah selanjutnya adalah menghitung keliling persegi. Keliling persegi adalah jumlah panjang keempat sisinya. Dalam hal ini, karena semua sisi memiliki panjang yang sama, kita dapat menghitungnya dengan cara mengalikan panjang sisi dengan 4.

3. Tulis Jawaban

Setelah menghitung keliling persegi, tulislah jawaban dengan satuan yang sesuai. Keliling diukur dalam satuan panjang, seperti sentimeter atau meter.

Contoh Soal Mencari Keliling Persegi

Berikut adalah contoh soal untuk mencari keliling persegi:

Sebuah tanah berbentuk persegi memiliki panjang sisi 5 meter. Hitunglah keliling tanah tersebut.

Penyelesaian:

Langkah 1: Tentukan panjang sisi persegi

Dalam soal tersebut, panjang sisi persegi adalah 5 meter.

Langkah 2: Hitung keliling persegi

Keliling persegi adalah jumlah panjang keempat sisinya. Karena panjang sisi persegi adalah 5 meter, maka kelilingnya adalah:

TRENDING:  Cara Mencari Keliling Persegi Panjang Dengan Mudah Dan Cepat

Keliling = 4 x 5 meter = 20 meter

Langkah 3: Tulis jawaban

Keliling tanah tersebut adalah 20 meter.

Kesimpulan

Mencari keliling persegi adalah salah satu konsep dasar dalam matematika. Keliling persegi adalah jumlah panjang keempat sisinya. Untuk mencari keliling persegi, pertama-tama tentukan panjang sisi persegi, kemudian hitung kelilingnya dengan cara mengalikan panjang sisi dengan 4. Jangan lupa untuk menulis jawaban dengan satuan yang sesuai.