1. Menghitung Luas Dan Keliling Bangun Datar: Panduan Lengkap Untuk Pemula 2. Rumus Mudah Menghitung Luas Dan Keliling Bangun Datar 3. Belajar Matematika: Cara Menghitung Luas Dan Kel

Pengenalan

Luas dan keliling adalah dua konsep penting dalam matematika dan diterapkan pada bangun datar. Bangun datar adalah bangun yang hanya memiliki dua dimensi, yaitu panjang dan lebar. Contoh bangun datar yang umum adalah segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran, dan trapesium. Luas bangun datar adalah ukuran bidang atau luas permukaan bangun tersebut, sedangkan keliling adalah panjang garis yang membentuk tepi bangun tersebut. Dalam tulisan ini, kita akan membahas cara menghitung luas dan keliling beberapa jenis bangun datar.

Rumus Bangun Datar : Luas, Keliling dan Contoh Soal

1. Luas dan keliling segitiga

Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Segitiga dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. Berikut ini cara menghitung luas dan keliling segitiga.

a. Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi adalah segitiga yang memiliki panjang sisi yang sama dan ketiga sudutnya sama besar (60 derajat). Untuk menghitung luas segitiga sama sisi, kita dapat menggunakan rumus:

Luas = (sisi x tinggi) / 2

Dimana sisi adalah panjang salah satu sisi segitiga dan tinggi adalah jarak dari sisi tersebut ke titik tengah sisi yang bersebrangan. Sedangkan untuk menghitung keliling segitiga sama sisi, kita dapat menggunakan rumus:

Keliling = 3 x sisi

Contoh:

Diketahui sisi segitiga sama sisi adalah 6 cm, maka luas segitiga tersebut adalah:

Luas = (6 x 5.2) / 2 = 15.6 cm2

Sedangkan keliling segitiga tersebut adalah:

Keliling = 3 x 6 = 18 cm

b. Segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki adalah segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang dan dua sudut yang sama besar. Untuk menghitung luas segitiga sama kaki, kita dapat menggunakan rumus:

Luas = (alas x tinggi) / 2

TRENDING:  1. Menghitung Luas Dan Keliling Dengan Mudah: Panduan Lengkap2. Rumus Luas Dan Keliling: Teori Dan Contoh Soal3. Menguasai Konsep Luas Dan Keliling Dalam Matematika4. M

Dimana alas adalah panjang sisi yang tidak sama panjang dengan sisi lainnya dan tinggi adalah jarak dari alas ke titik tengah sisi yang sama panjang. Sedangkan untuk menghitung keliling segitiga sama kaki, kita dapat menggunakan rumus:

Keliling = sisi A + sisi B + sisi C

Dimana sisi A dan sisi B adalah panjang sisi yang sama panjang dan sisi C adalah alas.

Contoh:

Diketahui alas segitiga sama kaki adalah 8 cm dan sisi yang sama panjang adalah 6 cm, maka luas segitiga tersebut adalah:

Luas = (8 x 4) / 2 = 16 cm2

Sedangkan keliling segitiga tersebut adalah:

Keliling = 6 + 6 + 8 = 20 cm

c. Segitiga sembarang

Segitiga sembarang adalah segitiga yang tidak memiliki sisi atau sudut yang sama panjang atau besar. Untuk menghitung luas segitiga sembarang, kita dapat menggunakan rumus Heron:

Luas = √(s(s-a)(s-b)(s-c))

Dimana s adalah setengah keliling segitiga dan a, b, dan c adalah panjang sisi segitiga. Sedangkan untuk menghitung keliling segitiga sembarang, kita dapat menggunakan rumus:

Keliling = a + b + c

Contoh:

Diketahui panjang sisi segitiga sembarang adalah 4 cm, 5 cm, dan 6 cm, maka keliling segitiga tersebut adalah:

Keliling = 4 + 5 + 6 = 15 cm

Sedangkan luas segitiga tersebut adalah:

Luas = √(7.5(7.5-4)(7.5-5)(7.5-6)) = 9.92 cm2

2. Luas dan keliling persegi

Persegi adalah bangun datar yang memiliki keempat sisi sama panjang dan keempat sudut sama besar (90 derajat). Untuk menghitung luas persegi, kita dapat menggunakan rumus:

Luas = sisi x sisi

Dimana sisi adalah panjang salah satu sisi persegi. Sedangkan untuk menghitung keliling persegi, kita dapat menggunakan rumus:

Keliling = 4 x sisi

Contoh:

Diketahui sisi persegi adalah 8 cm, maka luas persegi tersebut adalah:

Luas = 8 x 8 = 64 cm2

Sedangkan keliling persegi tersebut adalah:

Keliling = 4 x 8 = 32 cm

3. Luas dan keliling persegi panjang

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan keempat sudut sama besar (90 derajat). Untuk menghitung luas persegi panjang, kita dapat menggunakan rumus:

TRENDING:  1. Menghitung Luas Dan Keliling Dengan Mudah: Panduan Lengkap2. Rumus Luas Dan Keliling: Teori Dan Contoh Soal3. Menguasai Konsep Luas Dan Keliling Dalam Matematika4. M

Luas = panjang x lebar

Dimana panjang adalah panjang salah satu sisi dan lebar adalah panjang sisi yang bersebrangan. Sedangkan untuk menghitung keliling persegi panjang, kita dapat menggunakan rumus:

Keliling = 2 x (panjang + lebar)

Contoh:

Diketahui panjang persegi panjang adalah 10 cm dan lebarnya adalah 6 cm, maka luas persegi panjang tersebut adalah:

Luas = 10 x 6 = 60 cm2

Sedangkan keliling persegi panjang tersebut adalah:

Keliling = 2 x (10 + 6) = 32 cm

4. Luas dan keliling lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar yang memiliki keliling atau tepi yang melengkung dan sama panjang di setiap titiknya. Lingkaran dapat dihitung luas dan kelilingnya dengan menggunakan rumus berikut:

a. Luas lingkaran

Luas = π x jari-jari x jari-jari

Dimana jari-jari adalah jarak dari titik tengah lingkaran ke tepi lingkaran. Nilai π adalah konstanta matematis yang bernilai sekitar 3.14 atau 22/7.

b. Keliling lingkaran

Keliling = 2 x π x jari-jari

Contoh:

Diketahui jari-jari lingkaran adalah 7 cm, maka luas lingkaran tersebut adalah:

Luas = 22/7 x 7 x 7 = 154 cm2

Sedangkan keliling lingkaran tersebut adalah:

Keliling = 2 x 22/7 x 7 = 44 cm

Kesimpulan

Luas dan keliling adalah dua konsep penting dalam matematika dan diterapkan pada bangun datar. Bangun datar adalah bangun yang hanya memiliki dua dimensi, yaitu panjang dan lebar. Contoh bangun datar yang umum adalah segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran, dan trapesium. Luas bangun datar adalah ukuran bidang atau luas permukaan bangun tersebut, sedangkan keliling adalah panjang garis yang membentuk tepi bangun tersebut. Untuk menghitung luas dan keliling beberapa jenis bangun datar, kita dapat menggunakan rumus-rumus yang telah dijelaskan di atas.