Cara Menghitung Pecahan Pembagian Secara Mudah Dan Tepat

Pecahan pembagian adalah salah satu operasi aritmatika dasar dalam matematika. Pecahan pembagian sangat penting karena sangat berguna dalam situasi kehidupan sehari-hari, seperti saat membagi makanan di antara orang banyak atau membagi uang dalam jumlah tertentu. Bahkan, pecahan pembagian juga sering digunakan dalam bidang ilmu seperti fisika dan kimia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara menghitung pecahan pembagian dengan benar.

Pengenalan

Cara Mudah Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran

Sebelum kita mulai mempelajari cara menghitung pecahan pembagian, ada beberapa hal dasar yang perlu dipahami terlebih dahulu. Pecahan adalah bilangan yang dinyatakan dalam bentuk pecahan, di mana bilangan tersebut dapat dibagi menjadi dua bilangan bulat dengan satu bilangan menjadi pembilang dan satu bilangan menjadi penyebut. Contohnya, 3/4, di mana 3 adalah pembilang dan 4 adalah penyebut.

Pembagian, di sisi lain, adalah operasi matematika yang melibatkan pembagian satu bilangan dengan bilangan lainnya. Contohnya, 12 ÷ 4 = 3, dimana 12 adalah bilangan yang dibagi, 4 adalah bilangan pembagi, dan 3 adalah hasil pembagian.

Ketika kita menggabungkan kedua konsep tersebut, kita mendapatkan pecahan pembagian. Pecahan pembagian dapat dinyatakan dalam bentuk yang lebih kompleks, seperti 3/4 ÷ 2/3. Untuk menghitung pecahan pembagian seperti ini, kita harus mengikuti beberapa langkah penting.

Step 1: Menjadi satu pecahan

Langkah pertama dalam menghitung pecahan pembagian adalah dengan mengubah pecahan yang akan dibagi menjadi satu pecahan. Misalnya, jika kita memiliki pecahan pembagian 3/4 ÷ 2/3, kita perlu mengubah pecahan 2/3 menjadi satu pecahan. Kita dapat melakukan hal ini dengan cara mengubah pecahan 2/3 menjadi pecahan yang ekivalen dengan pembilang dan penyebut yang sama dengan pecahan pembagian, yaitu 9/12. Oleh karena itu, pecahan pembagian menjadi 3/4 ÷ 9/12.

TRENDING:  Cara Menghitung Pecahan Dengan Angka Biasa

Step 2: Mengubah pecahan menjadi pembagian

Setelah kita memiliki pecahan yang sama untuk pembilang dan penyebutnya, langkah selanjutnya adalah mengubah pecahan menjadi pembagian. Untuk melakukan ini, kita harus mengubah pecahan menjadi bilangan desimal. Kita dapat melakukannya dengan melakukan pembagian antara pembilang dan penyebut. Dalam contoh kita, 3/4 ÷ 9/12, kita dapat mengubah pecahan menjadi pembagian dengan mengubah 3/4 menjadi desimal dan 9/12 menjadi desimal.

3/4 = 0.75
9/12 = 0.75

Dengan mengubah pecahan menjadi bilangan desimal, kita dapat menghitung pecahan pembagian dengan lebih mudah.

Step 3: Membagi bilangan desimal

Setelah kita mengubah pecahan menjadi bilangan desimal, langkah selanjutnya adalah membagi bilangan desimal. Untuk melakukan ini, kita perlu membagi bilangan desimal yang pertama dengan bilangan desimal yang kedua. Dalam contoh kita, 0.75 ÷ 0.75, hasilnya adalah 1.

Step 4: Mengubah hasil pembagian menjadi pecahan

Setelah kita mendapatkan hasil bagi dalam bentuk bilangan bulat, langkah selanjutnya adalah mengubah hasil tersebut menjadi pecahan. Kita dapat melakukannya dengan menyamakan nilai pembilang dan penyebut. Dalam contoh kita, hasil pembagian adalah 1, sehingga kita perlu mengubahnya menjadi pecahan dengan nilai pembilang dan penyebut yang sama seperti pecahan awal.

1 = 12/12

Dengan begitu, hasil dari pecahan pembagian 3/4 ÷ 2/3 adalah 12/12.

Step 5: Menyederhanakan pecahan

Langkah terakhir dalam menghitung pecahan pembagian adalah menyederhanakan pecahan jika memungkinkan. Dalam contoh kita, pecahan 12/12 dapat disederhanakan menjadi pecahan 1/1.

Maka hasil dari pecahan pembagian 3/4 ÷ 2/3 adalah 1/1.

Kesimpulan

Menghitung pecahan pembagian memang memerlukan beberapa langkah, tetapi dengan memahami setiap langkahnya, kita dapat menghitung pecahan pembagian dengan mudah. Langkah pertama adalah mengubah pecahan yang akan dibagi menjadi satu pecahan. Langkah selanjutnya adalah mengubah pecahan menjadi pembagian dan membagi bilangan desimal. Setelah itu, kita perlu mengubah hasil pembagian menjadi pecahan dan menyederhanakannya jika memungkinkan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara hati-hati, kita dapat menghitung pecahan pembagian dengan benar dan dengan mudah.

TRENDING:  Cara Menghitung Pembagian Pecahan Desimal