Cara Mudah Menghitung Pangkat Negatif Dengan Langkah-Langkah Tepat

Pengertian Pangkat Negatif
Pangkat negatif merupakan operasi matematika yang dilakukan pada bilangan yang menghasilkan bilangan pecahan atau desimal. Pangkat negatif pada dasarnya adalah kebalikan dari pangkat positif, dimana pada pangkat positif bilangan akan digunakan sebagai faktor sebanyak pangkatnya, sedangkan pada pangkat negatif bilangan akan digunakan sebagai penyebut sebanyak pangkatnya.

Contoh :
a. 4^-3 = 1/4^3
b. (-3)^-2 = 1/(-3)^2

Cara Mudah Menghitung Pecahan Negatif Pangkat Negatif

Cara Menghitung Pangkat Negatif
Untuk menghitung pangkat negatif, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya adalah :

1. Menentukan bilangan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan bilangan yang akan dihitung pangkat negatifnya.

2. Menentukan pangkat negatif
Setelah menentukan bilangan, langkah selanjutnya adalah menentukan pangkat negatif yang akan digunakan.

3. Mengubah bilangan menjadi pecahan
Jika bilangan awalnya berupa bilangan bulat, maka perlu dikonversi menjadi pecahan dengan menyebutkan angka 1 pada penyebut.

Contoh:
a. 4^-3 = 1/4^3 = 1/64
b. (-3)^-2 = 1/(-3)^2 = 1/9

4. Menghitung pangkat negatif
Setelah konversi menjadi pecahan, maka pangkat negatif dapat dihitung dengan mengambil kebalikan dari bilangan tersebut.

Contoh:
a. 4^-3 = 1/4^3 = 1/64
b. (-3)^-2 = 1/(-3)^2 = 1/9

Dari contoh diatas, dapat dilihat bahwa untuk menghitung pangkat negatif pada bilangan, dilakukan dengan cara mengambil kebalikan dari bilangan tersebut dan menyebutkan angka 1 pada penyebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan.

Contoh Soal
Berikut ini adalah beberapa contoh soal mengenai cara menghitung pangkat negatif.

Contoh Soal 1
Hitunglah nilai dari 2^-3.

Pembahasan:
Dalam menyelesaikan soal ini, kita perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pertama-tama, kita tentukan bilangan yang akan dihitung pangkat negatifnya, yaitu bilangan 2. Selanjutnya, kita tentukan pangkat negatifnya, yaitu -3. Kemudian, kita konversikan bilangan 2 menjadi pecahan dengan menyebutkan angka 1 pada penyebut, sehingga menjadi 1/2^3. Terakhir, kita hitung kebalikan dari bilangan tersebut, sehingga didapatkan hasil 1/8.

TRENDING:  Cara Menghitung Pangkat Negatif Pecahan

Jadi, nilai dari 2^-3 adalah 1/8.

Contoh Soal 2
Hitunglah nilai dari (-5)^-2.

Pembahasan:
Dalam menyelesaikan soal ini, kita perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pertama-tama, kita tentukan bilangan yang akan dihitung pangkat negatifnya, yaitu bilangan -5. Selanjutnya, kita tentukan pangkat negatifnya, yaitu -2. Kemudian, kita konversikan bilangan -5 menjadi pecahan dengan menyebutkan angka 1 pada penyebut, sehingga menjadi 1/(-5)^2. Terakhir, kita hitung kebalikan dari bilangan tersebut, sehingga didapatkan hasil 1/25.

Jadi, nilai dari (-5)^-2 adalah 1/25.

Contoh Soal 3
Hitunglah nilai dari 3^-4.

Pembahasan:
Dalam menyelesaikan soal ini, kita perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pertama-tama, kita tentukan bilangan yang akan dihitung pangkat negatifnya, yaitu bilangan 3. Selanjutnya, kita tentukan pangkat negatifnya, yaitu -4. Kemudian, kita konversikan bilangan 3 menjadi pecahan dengan menyebutkan angka 1 pada penyebut, sehingga menjadi 1/3^4. Terakhir, kita hitung kebalikan dari bilangan tersebut, sehingga didapatkan hasil 1/81.

Jadi, nilai dari 3^-4 adalah 1/81.

Contoh Soal 4
Hitunglah nilai dari (-2)^-3.

Pembahasan:
Dalam menyelesaikan soal ini, kita perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pertama-tama, kita tentukan bilangan yang akan dihitung pangkat negatifnya, yaitu bilangan -2. Selanjutnya, kita tentukan pangkat negatifnya, yaitu -3. Kemudian, kita konversikan bilangan -2 menjadi pecahan dengan menyebutkan angka 1 pada penyebut, sehingga menjadi 1/(-2)^3. Terakhir, kita hitung kebalikan dari bilangan tersebut, sehingga didapatkan hasil -1/8.

Jadi, nilai dari (-2)^-3 adalah -1/8.

Kesimpulan
Pangkat negatif merupakan operasi matematika yang dilakukan pada bilangan yang menghasilkan bilangan pecahan atau desimal. Untuk menghitung pangkat negatif, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu menentukan bilangan, menentukan pangkat negatif, mengubah bilangan menjadi pecahan, dan menghitung pangkat negatif dengan mengambil kebalikan dari bilangan tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita dapat menyelesaikan soal pangkat negatif dengan tepat dan akurat.

TRENDING:  Cara Menghitung Pangkat Negatif Pecahan