Cara Menghitung Luas Persegi Dengan Mudah: Tutorial Langkah Demi Langkah

Pengertian Persegi dan Luas Persegi

Sebelum membahas cara menghitung luas persegi, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu persegi dan luas persegi. Persegi merupakan suatu bangun datar yang memiliki empat sisi dengan panjang yang sama dan keempat sudutnya membentuk sudut yang sama besar yaitu 90 derajat. Sedangkan luas persegi adalah besarnya daerah yang terdapat pada permukaan persegi. Luas persegi diukur dalam satuan luas seperti centimeter persegi, meter persegi, atau kilometer persegi.

Rumus Luas Persegi

Rumus luas persegi sangatlah sederhana, yaitu:

Rumus Luas Persegi, Pengertian, dan Contoh Soal - RumusHitung.Com

Luas Persegi = sisi x sisi

Sisi pada rumus tersebut merupakan panjang sisi persegi yang akan dihitung luasnya. Dalam rumus tersebut, sisi persegi hanya perlu dikalikan satu sama lain atau dipangkatkan dengan 2. Hal ini dikarenakan panjang semua sisinya sama.

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi

Mari kita coba menghitung luas persegi dengan panjang sisi 7 cm.

Luas Persegi = sisi x sisi
Luas Persegi = 7 cm x 7 cm
Luas Persegi = 49 cm2

Dalam contoh soal di atas, panjang sisi persegi adalah 7 cm sehingga kita hanya perlu mengalikan 7 cm dengan 7 cm atau memangkatkan 7 cm dengan 2 untuk mendapatkan luas persegi.

Cara Menghitung Luas Persegi dengan Lebih dari Satu Sisi

Bagaimana jika kita ingin menghitung luas persegi yang memiliki lebih dari satu sisi? Misalnya, kita memiliki sebuah bentuk persegi yang memiliki panjang sisi 5 cm dan panjang sisi lainnya 7 cm. Bagaimana cara menghitung luas persegi tersebut?

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Dengan Mudah Dan Cepat: Langkah Tepat Untuk Sukses!

Untuk menghitung luas persegi dengan lebih dari satu sisi, kita hanya perlu memilih salah satu sisi sebagai sisi dasar dan mengalikannya dengan sisi yang lain. Sebagai contoh, jika kita memilih sisi 5 cm sebagai sisi dasar, maka rumusnya adalah:

Luas Persegi = sisi dasar x sisi
Luas Persegi = 5 cm x 7 cm
Luas Persegi = 35 cm2

Dalam contoh soal di atas, kita memilih sisi 5 cm sebagai sisi dasar dan mengalikannya dengan sisi lainnya yaitu 7 cm. Hal ini dilakukan karena sisi dasar tidak mempengaruhi luas persegi dan kita bisa memilih sisi mana saja sebagai sisi dasar.

Cara Menghitung Luas Persegi dengan Bahasa Pemrograman Python

Bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Python, berikut adalah contoh kode untuk menghitung luas persegi:

“`
sisi = float(input(Masukkan panjang sisi: ))
luas = sisi * sisi
print(Luas persegi adalah:, luas)
“`

Pada kode di atas, kita meminta pengguna untuk memasukkan panjang sisi persegi dalam bentuk float menggunakan fungsi input(). Selanjutnya, kita menghitung luas persegi dengan cara mengalikan sisi dengan sisi menggunakan operator *. Terakhir, kita mencetak hasilnya menggunakan fungsi print().

Kesimpulan

Menghitung luas persegi merupakan dasar dalam matematika dan sangatlah sederhana. Kita hanya perlu mengalikan panjang sisi dengan sisi atau memangkatkan sisi dengan 2. Jika persegi memiliki lebih dari satu sisi, kita hanya perlu memilih salah satu sisi sebagai sisi dasar dan mengalikannya dengan sisi yang lainnya. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda memahami cara menghitung luas persegi dengan lebih baik.