Cara Menghitung Akar Pangkat Secara Akurat Dengan Langkah-Langkah Mudah

Cara Menghitung Akar Pangkat

Akar pangkat adalah salah satu operasi matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Akar pangkat sering digunakan dalam perhitungan pada bidang matematika, fisika, dan ilmu lainnya. Dalam Bahasa Indonesia, akar pangkat sering disebut dengan istilah akar kuadrat, akar pangkat tiga, dan seterusnya. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menghitung akar pangkat dengan mudah dan cepat.

Cara Mudah Menghitung Akar Pangkat  / Akar Kuadrat

Akar pangkat dua atau akar kuadrat

Akar pangkat dua atau akar kuadrat adalah operasi matematika yang digunakan untuk mencari nilai akar dari bilangan pangkat dua. Akar pangkat dua dapat dituliskan dalam bentuk matematika sebagai berikut:

√a = b

Dimana a adalah bilangan yang akan dicari akarnya dan b adalah akar dari a. Cara mencari akar pangkat dua adalah sebagai berikut:

1. Cari bilangan pangkat dua terdekat dari bilangan yang akan dicari akarnya.

Contoh:

a. √23

Kita dapat mencari bilangan pangkat dua terdekat dari 23, yaitu 16 dan 25. Karena 23 lebih dekat dengan 25, maka kita dapat menggunakan bilangan 25 sebagai bilangan pangkat dua.

2. Tuliskan bilangan pangkat dua terdekat dalam bentuk akar pangkat dua.

Contoh:

a. √23

Kita dapat menuliskan bilangan pangkat dua terdekat (25) dalam bentuk akar pangkat dua, yaitu 5√1. Karena 25 = 5², dan akar pangkat dua dari 1 adalah 1.

3. Hitung nilai akar pangkat dua.

Contoh:

a. √23

Kita dapat menghitung nilai akar pangkat dua dari 23 dengan menggunakan rumus berikut:

√23 = √(25-2)

= √25 – √2

= 5 – √2

Maka nilai akar pangkat dua dari 23 adalah 5 – √2.

Akar pangkat tiga atau akar kubik

Akar pangkat tiga atau akar kubik adalah operasi matematika yang digunakan untuk mencari nilai akar dari bilangan pangkat tiga. Akar pangkat tiga dapat dituliskan dalam bentuk matematika sebagai berikut:

TRENDING:  Cara Mudah Menghitung Akar Pangkat 3 Dengan Teknik Yang Tepat

∛a = b

Dimana a adalah bilangan yang akan dicari akarnya dan b adalah akar dari a. Cara mencari akar pangkat tiga adalah sebagai berikut:

1. Cari bilangan pangkat tiga terdekat dari bilangan yang akan dicari akarnya.

Contoh:

a. ∛35

Kita dapat mencari bilangan pangkat tiga terdekat dari 35, yaitu 27 dan 64. Karena 35 lebih dekat dengan 27, maka kita dapat menggunakan bilangan 27 sebagai bilangan pangkat tiga.

2. Tuliskan bilangan pangkat tiga terdekat dalam bentuk akar pangkat tiga.

Contoh:

a. ∛35

Kita dapat menuliskan bilangan pangkat tiga terdekat (27) dalam bentuk akar pangkat tiga, yaitu ∛27. Karena 27 = 3³, maka ∛27 = 3.

3. Hitung nilai akar pangkat tiga.

Contoh:

a. ∛35

Kita dapat menghitung nilai akar pangkat tiga dari 35 dengan menggunakan rumus berikut:

∛35 = ∛(27+8)

= ∛27 + ∛8

= 3 + ∛2

Maka nilai akar pangkat tiga dari 35 adalah 3 + ∛2.

Akar pangkat n atau akar pangkat ke-n

Akar pangkat n atau akar pangkat ke-n adalah operasi matematika yang digunakan untuk mencari nilai akar dari bilangan pangkat n. Akar pangkat n dapat dituliskan dalam bentuk matematika sebagai berikut:

n√a = b

Dimana a adalah bilangan yang akan dicari akarnya dan b adalah akar dari a dengan pangkat n. Cara mencari akar pangkat n adalah sebagai berikut:

1. Cari bilangan pangkat n terdekat dari bilangan yang akan dicari akarnya.

Contoh:

a. ⁴√87

Kita dapat mencari bilangan pangkat n terdekat dari 87, yaitu 81 dan 256. Karena 87 lebih dekat dengan 81, maka kita dapat menggunakan bilangan 81 sebagai bilangan pangkat n.

2. Tuliskan bilangan pangkat n terdekat dalam bentuk akar pangkat n.

Contoh:

a. ⁴√87

Kita dapat menuliskan bilangan pangkat n terdekat (81) dalam bentuk akar pangkat n, yaitu ³√81. Karena 81 = 3⁴, maka ³√81 = 3.

TRENDING:  Langkah-Langkah Mudah Menghitung Akar Pangkat 3 Dengan Exact Keyword

3. Hitung nilai akar pangkat n.

Contoh:

a. ⁴√87

Kita dapat menghitung nilai akar pangkat n dari 87 dengan menggunakan rumus berikut:

⁴√87 = ³√(81+6)

= ³√81 + ³√6

= 3 + ³√6

Maka nilai akar pangkat n dari 87 adalah 3 + ³√6.

Kesimpulan

Akar pangkat adalah salah satu operasi matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Akar pangkat sering digunakan dalam perhitungan pada bidang matematika, fisika, dan ilmu lainnya. Ada tiga jenis akar pangkat, yaitu akar pangkat dua atau akar kuadrat, akar pangkat tiga atau akar kubik, dan akar pangkat n atau akar pangkat ke-n. Cara menghitung akar pangkat sangatlah mudah dan cepat dengan mengikuti tiga langkah sederhana, yaitu mencari bilangan pangkat terdekat, menuliskan bilangan pangkat dalam bentuk akar pangkat, dan menghitung nilai akar pangkat.