Cara Mencari Diameter Lingkaran Secara Mudah Jika Diketahui Kelilingnya: Panduan Praktis Dengan Exact Keyword

Pada artikel ini, kami akan membahas cara mencari diameter lingkaran jika diketahui kelilingnya. Sebelum memulai, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu lingkaran.

Lingkaran adalah bentuk geometri yang memiliki keliling dan diameter. Keliling lingkaran adalah panjang garis lengkung yang mengelilingi lingkaran, sedangkan diameter lingkaran adalah jarak terpanjang yang dapat diukur dari satu titik pada garis lingkaran ke titik yang berlawanan di garis lingkaran yang sama.

HOW TO FIND THE LENGTH OF A CIRCLE DIAMETER IF YOU KNOW THE CIRCUMSTANCE

Mencari diameter lingkaran jika diketahui kelilingnya merupakan salah satu masalah matematika yang sering muncul dalam berbagai aplikasi, seperti dalam perhitungan bangun ruang atau perhitungan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari diameter lingkaran jika diketahui kelilingnya:

Langkah 1: Menentukan Rumus Keliling Lingkaran

Rumus keliling lingkaran adalah sebagai berikut:

K = 2πr

Keterangan:
– K adalah keliling lingkaran
– r adalah jari-jari lingkaran
– π (pi) adalah konstanta matematis yang nilainya sekitar 3,14

Langkah 2: Menentukan Nilai Pi (π)

Nilai pi (π) merupakan konstanta matematis yang digunakan dalam perhitungan lingkaran. Nilai pi (π) sekitar 3,14. Namun, dalam perhitungan yang lebih rumit, nilai pi (π) dapat diperkirakan dengan menggunakan lebih banyak desimal.

Langkah 3: Menentukan Keliling Lingkaran

Jika diketahui jari-jari lingkaran, maka keliling lingkaran dapat dihitung dengan menggunakan rumus keliling lingkaran yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun, dalam kasus ini, kita akan mencari diameter lingkaran jika diketahui kelilingnya. Oleh karena itu, kita perlu mengubah rumus keliling lingkaran menjadi:

TRENDING:  Rumus Mencari Diameter Lingkaran: Menghitung Ukuran Diameter Dengan Tepat

K = πd

Keterangan:
– K adalah keliling lingkaran
– d adalah diameter lingkaran
– π (pi) adalah konstanta matematis yang nilainya sekitar 3,14

Dalam rumus ini, kita mengganti variabel r (jari-jari) dengan d (diameter) dikarenakan kita sedang mencari diameter lingkaran.

Langkah 4: Menghitung Diameter Lingkaran

Setelah mengetahui rumus keliling lingkaran dan nilai pi (π), kita dapat menghitung diameter lingkaran dengan mengganti variabel dalam rumus keliling lingkaran.

Contoh:

Jika keliling lingkaran adalah 20 cm, maka kita dapat menghitung diameter lingkaran dengan cara berikut:

K = πd
20 cm = 3,14 x d

Dalam hal ini, kita tidak dapat langsung membagi keliling lingkaran dengan pi (π) dikarenakan kita tidak tahu nilai diameter lingkaran. Oleh karena itu, kita harus melakukan penyelesaian dengan pencarian nilai diameter lingkaran.

Untuk mencari nilai diameter lingkaran, kita perlu menyederhanakan rumus keliling lingkaran menjadi rumus yang hanya mengandung satu variabel (diameter). Caranya adalah dengan membagi kedua sisi rumus dengan nilai pi (π).

K = πd
20 cm = 3,14 x d
d = 20 cm / 3,14
d = 6,3694 cm

Dalam rumus ini, kita telah mengganti variabel K (keliling) dengan nilai yang diketahui (20 cm) dan variabel π (pi) dengan nilai yang telah diketahui sebelumnya (sekitar 3,14). Setelah itu, kita membagi nilai keliling dengan nilai pi untuk mendapatkan nilai diameter lingkaran.

Jadi, diameter lingkaran dalam contoh ini adalah sekitar 6,3694 cm.

Langkah 5: Menentukan Satuan Ukuran

Dalam setiap perhitungan, kita harus menentukan satuan ukuran yang digunakan. Satuan ukuran dapat berupa centimeter (cm), meter (m), kilometer (km), dan lain sebagainya.

Contoh:

Jika kita ingin mencari diameter lingkaran dalam meter, maka kita harus mengubah satuan ukuran keliling lingkaran dari centimeter (cm) menjadi meter (m).

TRENDING:  Cara Mencari Jari-Jari Lingkaran Dengan Mudah Dan Cepat: Panduan Lengkap

Misalnya, jika keliling lingkaran adalah 628,32 cm (dalam satuan centimeter), maka kita perlu mengubah satuan ukuran menjadi meter dengan cara membagi nilai keliling dengan 100.

K = 2πr
628,32 cm = 2πr
r = 628,32 cm / (2π)
r = 100 cm

Dalam rumus ini, kita telah mengganti variabel K (keliling) dengan nilai yang diketahui (628,32 cm) dan variabel π (pi) dengan nilai yang telah diketahui sebelumnya (sekitar 3,14). Setelah itu, kita membagi nilai keliling dengan nilai pi untuk mendapatkan nilai jari-jari lingkaran. Selanjutnya, kita dapat mengubah nilai jari-jari menjadi meter dengan cara membaginya dengan 100.

Jadi, jari-jari lingkaran dalam contoh ini adalah sekitar 1 m.

Demikianlah cara mencari diameter lingkaran jika diketahui kelilingnya. Dengan memahami langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kita dapat menghitung diameter lingkaran dengan mudah dan akurat.