Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Multimeter

Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Multimeter

Pendahuluan

Multimeter merupakan alat elektronik yang sangat berguna dalam mengukur berbagai parameter elektronik seperti resistansi, tegangan, dan arus listrik. Dalam artikel ini, kita akan membahas Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Multimeter.

Langkah-langkah Mengukur Arus Listrik Dengan Multimeter

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam mengukur arus listrik dengan multimeter:

Langkah 1: Persiapan

Sebelum melakukan pengukuran, pastikan multimeter sudah dalam kondisi baik dan terkalibrasi dengan benar. Pastikan juga bahwa multimeter sudah terkoneksi dengan sumber listrik yang akan diukur arusnya.

Langkah 2: Menentukan Rentang Pengukuran

Setelah multimeter siap, langkah selanjutnya adalah menentukan rentang pengukuran yang sesuai dengan besarnya arus listrik yang akan diukur. Pada multimeter analog, cukup pilih skala yang sesuai, sedangkan pada multimeter digital, rentang pengukuran dapat dipilih dengan tombol yang tersedia.

Langkah 3: Menghubungkan Multimeter

Setelah menentukan rentang pengukuran, hubungkan multimeter dengan sumber listrik yang akan diukur arusnya. Hubungkan kabel hitam pada terminal negatif dan kabel merah pada terminal positif.

Langkah 4: Membaca Hasil Pengukuran

Setelah multimeter sudah terhubung dengan sumber listrik, baca hasil pengukuran arus listrik pada layar multimeter. Pastikan bahwa hasil pengukuran sudah dalam satuan yang sesuai dengan rentang pengukuran yang telah dipilih.

Contoh Pengukuran Arus Listrik Dengan Multimeter

Berikut adalah contoh pengukuran arus listrik menggunakan multimeter:

TRENDING:  Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Amperemeter

1. Pertama, pastikan multimeter sudah dalam kondisi baik dan terkalibrasi dengan benar.

2. Selanjutnya, tentukan rentang pengukuran yang sesuai dengan besarnya arus listrik yang akan diukur. Pada multimeter digital, rentang pengukuran dapat dipilih dengan tombol yang tersedia.

3. Setelah itu, hubungkan multimeter dengan sumber listrik yang akan diukur arusnya. Hubungkan kabel hitam pada terminal negatif dan kabel merah pada terminal positif.

4. Bacalah hasil pengukuran arus listrik pada layar multimeter. Pastikan bahwa hasil pengukuran sudah dalam satuan yang sesuai dengan rentang pengukuran yang telah dipilih.

Contoh hasil pengukuran: 0.5 A.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Multimeter. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan adalah persiapan, menentukan rentang pengukuran, menghubungkan multimeter, dan membaca hasil pengukuran. Dengan memahami cara pengukuran ini, kita dapat melakukan pengukuran arus listrik dengan mudah dan akurat.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Multimeter ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.