Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Analog

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Analog

Bagi sebagian orang, mengukur ampere dengan multitester analog bisa menjadi tugas yang menantang. Namun, sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan asalkan kita mengetahui langkah-langkah yang benar. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail cara mengukur ampere dengan multitester analog.

Langkah-Langkah Mengukur Ampere Dengan Multitester Analog

Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda memiliki peralatan yang diperlukan seperti multitester analog dan kabel penghubung.

Pastikan bahwa alat yang akan diuji dalam kondisi mati dan tidak terhubung ke sumber listrik.
Hubungkan kabel merah dari multitester ke terminal positif pada alat yang akan diuji. Jika Anda tidak yakin, periksa manual alat untuk mengetahui terminal positif dan negatif.
Hubungkan kabel hitam dari multitester ke terminal negatif pada alat yang akan diuji.
Atur multitester ke mode pengukuran ampere (A) dan pastikan rentang pengukuran sudah diatur dengan benar.
Sambungkan kabel penghubung dari terminal kiri pada multitester ke terminal ampere (A) pada alat yang akan diuji.
Sambungkan kabel penghubung dari terminal kanan pada multitester ke terminal ampere (A) pada sumber listrik yang akan digunakan.
Nyalakan alat dan sumber listrik.
Baca hasil pengukuran pada multitester dan pastikan bahwa hasil pengukuran tidak melebihi batas amper yang diizinkan oleh alat yang digunakan.
Matikan alat dan sumber listrik, lalu lepaskan semua kabel penghubung.

TRENDING:  Cara Mengukur Ampere Aki Dengan Multitester Analog

Dalam melakukan pengukuran ampere dengan multitester analog, pastikan bahwa Anda selalu memperhatikan keselamatan dan mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mengukur ampere dengan multitester analog. Perlu diingat bahwa untuk melakukan pengukuran dengan benar, kita perlu memperhatikan langkah-langkah dengan cermat dan selalu memperhatikan keselamatan.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Analog ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.