Cara Menghitung Tunjangan Hari Tua Pns

Cara Menghitung Tunjangan Hari Tua PNS

Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anda memiliki hak untuk mendapatkan tunjangan hari tua. Tunjangan hari tua adalah bentuk penghargaan dari pemerintah kepada PNS yang telah bekerja selama kurang lebih 20 tahun. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai cara menghitung tunjangan hari tua PNS.

Langkah-Langkah Menghitung Tunjangan Hari Tua PNS

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menghitung tunjangan hari tua PNS adalah menentukan masa kerja PNS tersebut. Masa kerja dihitung dari tanggal pengangkatan PNS hingga saat ini. Masa kerja PNS yang dihitung merupakan masa kerja yang telah dihitung dalam SK pengangkatan PNS.

Setelah itu, tentukan besaran gaji pokok PNS tersebut pada saat memasuki masa pensiun. Besaran gaji pokok PNS pada saat memasuki masa pensiun dihitung berdasarkan gaji pokok terakhir yang diterima PNS tersebut sebelum memasuki masa pensiun.

Setelah menentukan masa kerja dan besaran gaji pokok, selanjutnya tentukan rasio tunjangan hari tua yang diberikan oleh pemerintah. Rasio tunjangan hari tua yang diberikan berbeda tiap tahun, tergantung pada kebijakan pemerintah pada saat itu.

Setelah menentukan rasio tunjangan hari tua, selanjutnya hitunglah jumlah tunjangan hari tua dengan menggunakan rumus:

Jumlah tunjangan hari tua = masa kerja x rasio tunjangan hari tua x besaran gaji pokok

Contoh:

Seorang PNS memiliki masa kerja selama 25 tahun dan gaji pokok terakhir sebesar Rp10.000.000,-. Rasio tunjangan hari tua yang diberikan oleh pemerintah pada tahun ini sebesar 1,5%. Berapakah jumlah tunjangan hari tua yang diterima PNS tersebut?

Jawab:

Jumlah tunjangan hari tua = 25 x 1,5% x Rp10.000.000,- = Rp3.750.000,-

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa jumlah tunjangan hari tua yang diterima oleh seorang PNS tergantung pada masa kerja, besaran gaji pokok, dan rasio tunjangan hari tua yang diberikan oleh pemerintah.

Kesimpulan

Untuk menghitung tunjangan hari tua PNS, pertama-tama tentukan masa kerja PNS tersebut. Selanjutnya, tentukan besaran gaji pokok PNS pada saat memasuki masa pensiun dan rasio tunjangan hari tua yang diberikan oleh pemerintah pada saat itu. Terakhir, hitunglah jumlah tunjangan hari tua dengan menggunakan rumus. Jumlah tunjangan hari tua yang diterima oleh seorang PNS tergantung pada masa kerja, besaran gaji pokok, dan rasio tunjangan hari tua yang diberikan oleh pemerintah.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Tunjangan Hari Tua PNS ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya di BicaraFakta.com.