Cara Menghitung Skala Utama Mikrometer Sekrup

Cara Menghitung Skala Utama Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur benda-benda dengan ketelitian yang tinggi, biasanya pada rentang 0-25mm. Alat ini terdiri dari skala utama dan nonius. Skala utama berfungsi untuk membaca ukuran benda, sementara nonius digunakan untuk mengukur ketelitian. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menghitung skala utama mikrometer sekrup secara detail.

Langkah-langkah Menghitung Skala Utama Mikrometer Sekrup

Untuk menghitung skala utama pada mikrometer sekrup, kita perlu mengikuti beberapa langkah yang dijelaskan di bawah ini:

1. Menentukan Satuan Ukuran

Langkah pertama dalam menghitung skala utama mikrometer sekrup adalah menentukan satuan ukuran. Biasanya, mikrometer sekrup menggunakan satuan millimeter atau inch. Jika mikrometer sekrup menggunakan satuan millimeter, maka skala utama akan terdiri dari 25 bagian, sedangkan jika menggunakan satuan inch, maka skala utama akan terdiri dari 40 bagian.

2. Menentukan Pembagian Skala Utama

Setelah menentukan satuan ukuran, langkah selanjutnya adalah menentukan pembagian skala utama. Pada mikrometer sekrup dengan satuan millimeter, setiap bagian pada skala utama mewakili 0,1mm. Sedangkan pada mikrometer sekrup dengan satuan inch, setiap bagian pada skala utama mewakili 0,025 inch.

3. Menghitung Ukuran Benda

Setelah menentukan satuan ukuran dan pembagian skala utama, langkah selanjutnya adalah menghitung ukuran benda yang akan diukur. Pertama-tama, letakkan benda yang akan diukur di antara rahang mikrometer sekrup. Kemudian, putar skala utama sampai rahang mikrometer menekan benda dengan cukup kuat.

TRENDING:  Cara Menghitung Skala Mikrometer Sekrup

4. Membaca Ukuran Benda

Setelah mengunci benda, langkah selanjutnya adalah membaca ukuran benda pada skala utama mikrometer sekrup. Untuk membaca ukuran pada skala utama, perhatikan angka pada skala utama yang berada tepat di bawah garis nol pada nonius. Contohnya, jika angka pada skala utama adalah 7,5 dan nonius berada pada garis 0,2mm, maka ukuran benda yang diukur adalah 7,7mm.

5. Menambahkan Skala Nonius

Langkah terakhir adalah menambahkan skala nonius untuk mendapatkan ukuran yang lebih akurat. Skala nonius pada mikrometer sekrup terdiri dari 10 atau 20 bagian, tergantung pada jenis mikrometer sekrup yang digunakan. Pada mikrometer sekrup dengan skala nonius 10 bagian, setiap bagian pada skala nonius mewakili 0,01mm, sedangkan pada mikrometer sekrup dengan skala nonius 20 bagian, setiap bagian pada skala nonius mewakili 0,005mm.

Contoh Perhitungan Skala Utama Mikrometer Sekrup

Berikut adalah contoh perhitungan skala utama pada mikrometer sekrup:

1. Tentukan satuan ukuran, misalnya millimeter.

2. Tentukan pembagian skala utama, yaitu setiap bagian pada skala utama mewakili 0,1mm.

3. Ukur benda, misalnya 7,5mm.

4. Baca angka pada skala utama yang tepat di bawah garis nol pada nonius, misalnya 7.

5. Tambahkan skala nonius, misalnya 0,2mm pada skala nonius 10 bagian.

6. Hasil akhir adalah 7,7mm (7 + 0,2).

Kesimpulan

Dalam menghitung skala utama pada mikrometer sekrup, terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan dengan seksama. Langkah-langkah tersebut meliputi menentukan satuan ukuran, pembagian skala utama, mengukur benda, membaca skala utama, dan menambahkan skala nonius. Dengan memahami cara menghitung skala utama pada mikrometer sekrup, kita dapat melakukan pengukuran dengan lebih akurat dan tepat.

TRENDING:  Cara Menghitung Skala Nonius Dan Skala Utama

Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.