Cara Menghitung Skala Terkecil Jangka Sorong

Cara Menghitung Skala Terkecil Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur presisi yang digunakan dalam industri dan teknik untuk mengukur jarak, ketebalan, dan dimensi lainnya dengan tingkat akurasi tinggi. Salah satu komponen penting dari jangka sorong adalah skala terkecil, yang memungkinkan pengukur untuk membaca hasil pengukuran dengan keakuratan tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung skala terkecil jangka sorong dengan detail.

Langkah-langkah untuk menghitung skala terkecil jangka sorong

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung skala terkecil jangka sorong:

Langkah 1: Kenali skala terkecil jangka sorong Anda

Sebelum memulai menghitung skala terkecil, Anda perlu mengetahui jenis dan merek jangka sorong Anda. Setiap jangka sorong memiliki skala terkecil yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahui spesifikasi alat ukur Anda sebelum melakukan perhitungan.

Langkah 2: Periksa skala utama

Langkah selanjutnya adalah memeriksa skala utama pada jangka sorong Anda. Anda akan menemukan angka-angka yang menunjukkan ukuran pengukuran pada skala utama. Ingatlah bahwa setiap skala utama memiliki pembagian yang berbeda, misalnya dalam milimeter atau inci.

Langkah 3: Periksa skala nonius

Jangka sorong juga dilengkapi dengan skala nonius yang memungkinkan pengukuran yang lebih teliti. Skala nonius terdiri dari beberapa garis yang terletak paralel dengan skala utama, tetapi dengan pembagiannya yang berbeda. Pembagian pada skala nonius akan membantu Anda mengukur dengan akurasi yang lebih tinggi daripada hanya menggunakan skala utama.

TRENDING:  Cara Mengukur Skala Jangka Sorong

Langkah 4: Hitung skala terkecil

Sekarang, kita dapat mulai menghitung skala terkecil jangka sorong. Pertama-tama, cari skala utama yang sejajar dengan garis pada skala nonius. Kemudian, hitung selisih antara pembagian pada skala utama dan skala nonius. Angka yang dihasilkan adalah skala terkecil jangka sorong Anda.

Langkah 5: Ulangi perhitungan

Untuk mengecek keakuratan perhitungan Anda, ulangi langkah 4 beberapa kali pada berbagai titik pengukuran. Pada titik-titik yang berbeda, Anda akan mendapatkan skala terkecil yang berbeda pula. Dengan mengecek hasil perhitungan pada beberapa titik, Anda akan memastikan bahwa skala terkecil yang Anda hitung sudah benar.

Contoh perhitungan

Marilah kita melihat contoh perhitungan untuk menghitung skala terkecil pada jangka sorong dengan skala utama 10 mm dan skala nonius 0,05 mm:

Cari skala utama yang sejajar dengan skala nonius. Dalam contoh ini, skala utama 9 mm sejajar dengan skala nonius.
Hitung selisih antara pembagian pada skala utama dan skala nonius. Dalam contoh ini, selisihnya adalah 0,05 mm.
Jadi, skala terkecil pada jangka sorong Anda adalah 0,05 mm.

Ingatlah bahwa hasil perhitungan bisa bervariasi tergantung pada merek dan jenis jangka sorong yang Anda miliki. Oleh karena itu, pastikan untuk menyelidiki spesifikasi alat ukur Anda sebelum melakukan perhitungan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menghitung skala terkecil jangka sorong dengan langkah-langkah yang jelas. Dalam melakukan perhitungan, pastikan untuk mengetahui spesifikasi jangka sorong Anda, memeriksa skala utama dan nonius, dan menghitung selisih pembagian antara keduanya. Dengan memahami cara menghitung skala terkecil jangka sorong, Anda akan dapat melakukan pengukuran dengan akurasi tinggi dan memastikan hasil yang presisi.

TRENDING:  Cara Menghitung Nst Jangka Sorong

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Skala Terkecil Jangka Sorong ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.