Cara Menghitung Skala Persegi Panjang

Cara Menghitung Skala Persegi Panjang

Pendahuluan

Persegi panjang adalah bangun datar dua dimensi yang terdiri dari empat sisi, di mana setiap sisi memiliki panjang yang sama dengan sisi yang bersebrangan. Skala persegi panjang, di sisi lain, adalah perbandingan ukuran sebenarnya dari persegi panjang dengan ukuran gambar atau modelnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung skala persegi panjang dengan detail. Langkah-langkah yang digunakan dalam proses ini akan dijelaskan secara terperinci sehingga pembaca dapat memahami dengan mudah.

Langkah-langkah dalam Menghitung Skala Persegi Panjang

1. Tentukan ukuran yang akan digunakan sebagai patokan. Ukuran ini akan menjadi dasar untuk menentukan skala.

2. Ukur panjang dan lebar persegi panjang menggunakan satuan yang sama dengan yang digunakan sebagai patokan.

3. Hitung pengurangan antara ukuran sebenarnya dan ukuran gambar atau model.

4. Hitung skala dengan membagi pengurangan tersebut dengan ukuran sebenarnya. Skala dapat dinyatakan dalam bentuk rasio atau pecahan.

Contoh

Misalkan Anda memiliki persegi panjang dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter. Anda ingin membuat model persegi panjang dengan skala 1:50. Bagaimana cara menghitung skala?

1. Tentukan ukuran yang akan digunakan sebagai patokan. Dalam kasus ini, kita akan menggunakan meter sebagai patokan.

2. Ukur panjang dan lebar persegi panjang menggunakan meter. Panjangnya adalah 6 meter dan lebarnya adalah 4 meter.

3. Hitung pengurangan antara ukuran sebenarnya dan ukuran gambar atau model. Dalam kasus ini, ukuran gambar atau model adalah ukuran yang ingin kita capai. Kita ingin membuat model persegi panjang dengan skala 1:50, sehingga kita harus mengurangi ukuran sebenarnya dengan 50. Dalam hal ini, kita akan mengurangi panjang dan lebar persegi panjang dengan 50. Jadi, 6 meter : 50 = 0,12 meter dan 4 meter : 50 = 0,08 meter.

TRENDING:  Rumus Mencari Keliling Persegi Panjang: Simak Langkah-Langkah Penghitungannya!

4. Hitung skala dengan membagi pengurangan tersebut dengan ukuran sebenarnya. Skala dalam hal ini adalah 0,12 meter : 6 meter = 0,02 atau 1:50 dan 0,08 meter : 4 meter = 0,02 atau 1:50.

Dalam contoh ini, skala persegi panjang adalah 1:50.

Kesimpulan

Cara menghitung skala persegi panjang cukup sederhana. Jangan lupa untuk menentukan ukuran yang akan digunakan sebagai patokan dan menggunakan satuan yang sama untuk mengukur panjang dan lebar persegi panjang. Hitung pengurangan antara ukuran sebenarnya dan ukuran gambar atau model, lalu bagi pengurangan tersebut dengan ukuran sebenarnya untuk mendapatkan skala. Skala dapat dinyatakan dalam bentuk rasio atau pecahan.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Skala Persegi Panjang ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.