Cara Menghitung Rata Rata Tabel Distribusi Frekuensi

Cara Menghitung Rata Rata Tabel Distribusi Frekuensi

Pendahuluan

Dalam matematika, terdapat banyak konsep yang digunakan untuk mengolah data dan menghasilkan informasi yang bermanfaat. Salah satu konsep yang sering digunakan dalam statistika adalah tabel distribusi frekuensi.

Tabel distribusi frekuensi adalah tabel yang digunakan untuk mengelompokkan data menjadi interval-interval tertentu dan menampilkan jumlah frekuensi atau kejadian dalam setiap interval tersebut. Tabel distribusi frekuensi biasanya digunakan untuk menganalisis data yang bersifat kontinu seperti tinggi badan, berat badan, dan sebagainya.

Rata-rata adalah salah satu nilai statistika yang sering digunakan untuk mengukur pusat data. Rata-rata dapat digunakan untuk menghitung nilai tengah dari data dan memberikan gambaran umum tentang data tersebut.

Menghitung rata-rata pada tabel distribusi frekuensi memiliki beberapa langkah yang harus diikuti. Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai cara menghitung rata-rata pada tabel distribusi frekuensi.

Langkah-langkah Menghitung Rata-rata pada Tabel Distribusi Frekuensi

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghitung rata-rata pada tabel distribusi frekuensi:

Langkah 1: Hitung titik tengah tiap interval

Titik tengah adalah suatu nilai yang berada di tengah-tengah interval. Untuk menghitung titik tengah tiap interval, hitunglah jumlah dua ujung interval kemudian dibagi dua.

Sebagai contoh, jika interval pada tabel distribusi frekuensi adalah 10-20, maka titik tengahnya adalah (10+20)/2 = 15.

Langkah 2: Hitung frekuensi relatif tiap interval

Frekuensi relatif adalah jumlah frekuensi setiap interval dibagi dengan jumlah total data. Untuk menghitung frekuensi relatif tiap interval, bagi jumlah frekuensi setiap interval dengan jumlah total data.

TRENDING:  Cara Menghitung Rata Rata Tabel

Sebagai contoh, jika terdapat 100 data dan dalam interval 10-20 terdapat 20 data, maka frekuensi relatifnya adalah 20/100 = 0,2 atau 20%.

Langkah 3: Hitung nilai titik tengah dikali frekuensi relatif

Setelah mengetahui titik tengah tiap interval dan frekuensi relatif tiap interval, selanjutnya hitunglah nilai titik tengah dikali frekuensi relatif untuk tiap interval.

Sebagai contoh, jika titik tengah pada interval 10-20 adalah 15 dan frekuensi relatifnya adalah 0,2, maka nilai titik tengah dikali frekuensi relatif adalah 15 x 0,2 = 3.

Langkah 4: Jumlahkan semua nilai titik tengah dikali frekuensi relatif

Setelah menghitung nilai titik tengah dikali frekuensi relatif untuk tiap interval, selanjutnya jumlahkan semua nilai tersebut.

Langkah 5: Bagi hasil penjumlahan dengan jumlah total data

Setelah menjumlahkan semua nilai titik tengah dikali frekuensi relatif, hasilnya dibagi dengan jumlah total data.

Hasil dari pembagian tersebut adalah rata-rata pada tabel distribusi frekuensi.

Contoh Perhitungan

Diberikan data tinggi badan siswa kelas 10 SMA sebanyak 100 orang seperti pada tabel berikut:

Langkah-langkah perhitungan rata-rata pada tabel distribusi frekuensi untuk data di atas adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Hitung titik tengah tiap interval

Tabel distribusi frekuensi pada gambar di atas sudah menyertakan titik tengah tiap interval.

Langkah 2: Hitung frekuensi relatif tiap interval

Frekuensi relatif tiap interval dapat dihitung dengan cara membagi jumlah frekuensi tiap interval dengan jumlah total data. Hasilnya dapat dilihat pada kolom kanan tabel distribusi frekuensi.

Langkah 3: Hitung nilai titik tengah dikali frekuensi relatif

Nilai titik tengah dikali frekuensi relatif dapat dihitung dengan cara mengalikan titik tengah tiap interval dengan frekuensi relatif tiap interval. Hasilnya dapat dilihat pada kolom kanan tabel distribusi frekuensi.

TRENDING:  Cara Menghitung Rata Rata Pada Tabel Distribusi Frekuensi

Langkah 4: Jumlahkan semua nilai titik tengah dikali frekuensi relatif

Hasil penjumlahan dari semua nilai titik tengah dikali frekuensi relatif adalah 1615.

Langkah 5: Bagi hasil penjumlahan dengan jumlah total data

Hasil dari pembagian 1615 dengan 100 adalah 16,15. Jadi, rata-rata tinggi badan siswa kelas 10 SMA adalah 16,15.

Kesimpulan

Menghitung rata-rata pada tabel distribusi frekuensi dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang harus diikuti. Langkah-langkah tersebut adalah menghitung titik tengah tiap interval, menghitung frekuensi relatif tiap interval, menghitung nilai titik tengah dikali frekuensi relatif untuk tiap interval, menjumlahkan semua nilai titik tengah dikali frekuensi relatif, dan membagi hasil penjumlahan dengan jumlah total data.

Rata-rata pada tabel distribusi frekuensi dapat memberikan gambaran umum tentang data dan dapat digunakan untuk membuat kesimpulan atau prediksi tentang data tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menghitung rata-rata pada tabel distribusi frekuensi.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Rata Rata Tabel Distribusi Frekuensi ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.