Cara Menghitung Pembagian Bilangan Pecahan

Cara Menghitung Pembagian Bilangan Pecahan

Pengertian Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari dua angka atau lebih, yang dipisahkan oleh garis miring atau pecahan. Contoh bilangan pecahan adalah ½, ⅓, ¾ dan sebagainya. Bilangan pecahan dapat digunakan untuk menggambarkan pecahan dari sebuah bilangan bulat.

Cara Menghitung Pembagian Bilangan Pecahan

Pembagian bilangan pecahan seringkali menjadi sulit bagi sebagian orang. Namun, sebenarnya pembagian bilangan pecahan juga dapat dilakukan dengan mudah. Cara menghitung pembagian bilangan pecahan adalah sebagai berikut:

1. Sebelum melakukan pembagian, pastikan bahwa kedua bilangan pecahan berada dalam bentuk yang sama. Jika tidak, ubah salah satu bilangan pecahan ke dalam bentuk yang sama dengan bilangan pecahan yang lainnya.

2. Setelah itu, perhatikan angka pada pembilang. Pembilang adalah angka yang berada di atas garis miring pada bilangan pecahan. Misalnya, jika bilangan pecahan adalah ¾, maka 3 adalah pembilang.

3. Kemudian, perhatikan angka pada penyebut. Penyebut adalah angka yang berada di bawah garis miring pada bilangan pecahan. Misalnya, jika bilangan pecahan adalah ¾, maka 4 adalah penyebut.

4. Setelah mengetahui pembilang dan penyebut dari kedua bilangan pecahan, lakukan pembagian antara pembilang bilangan pecahan pertama dengan penyebut bilangan pecahan kedua.

5. Hasil dari pembagian tersebut adalah jawaban dari pembagian kedua bilangan pecahan tersebut.

6. Jika hasilnya adalah bilangan pecahan, pastikan untuk menyederhanakan bentuk pecahan tersebut ke bentuk yang paling sederhana.

TRENDING:  Cara Menghitung Pembagian Dan Perkalian Pecahan

Contoh:

Misalnya ada dua bilangan pecahan, yaitu ⅔ dan ⅖. Untuk melakukan pembagian antara kedua bilangan pecahan tersebut, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Pastikan kedua bilangan pecahan berada dalam bentuk yang sama. Karena ⅔ dan ⅖ berada dalam bentuk yang berbeda, maka ubah salah satu bilangan pecahan menjadi bentuk yang sama dengan bilangan pecahan yang lainnya. Kita bisa mengubah ⅖ menjadi 6/15 dan ⅔ menjadi 10/15.

2. Perhatikan pembilang pada bilangan pecahan pertama, yaitu 10.

3. Perhatikan penyebut pada bilangan pecahan kedua, yaitu 15.

4. Lakukan pembagian antara 10 dan 15, yaitu 10 ÷ 15 = 2/3.

5. Sehingga, hasil dari pembagian kedua bilangan pecahan tersebut adalah 2/3.

6. Jika diperlukan, sederhanakan bentuk pecahan 2/3 menjadi bentuk yang paling sederhana, yaitu 2/3.

Kesimpulan

Bilangan pecahan dapat digunakan untuk menggambarkan pecahan dari sebuah bilangan bulat. Pembagian bilangan pecahan dapat dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pastikan untuk mengubah kedua bilangan pecahan ke dalam bentuk yang sama, lalu bagi pembilang bilangan pecahan pertama dengan penyebut bilangan pecahan kedua. Jika hasilnya adalah bilangan pecahan, pastikan untuk menyederhanakan bentuk pecahan ke bentuk yang paling sederhana.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Pembagian Bilangan Pecahan ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.