Cara Menghitung Peluang Terambilnya Kelereng

Cara Menghitung Peluang Terambilnya Kelereng

Pendahuluan

Kelereng adalah mainan yang sangat populer di kalangan anak-anak. Permainan kelereng dapat dimainkan oleh satu atau lebih orang. Salah satu aspek yang menarik dari permainan kelereng adalah peluang terambilnya kelereng. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menghitung peluang terambilnya kelereng.

Peluang Terambilnya Kelereng

Peluang terambilnya kelereng dapat dihitung dengan menggunakan rumus matematika sederhana yang disebut dengan peluang. Peluang adalah rasio antara kemungkinan terjadi suatu kejadian tertentu dengan jumlah kemungkinan kejadian yang mungkin terjadi.

Untuk menghitung peluang terambilnya kelereng, kita harus mengetahui jumlah kelereng yang ada dan jumlah kelereng yang diambil. Misalnya, jika ada 10 kelereng dan kita mengambil 1 kelereng, maka peluang terambilnya kelereng adalah 1/10 atau 0,1.

Namun, jika ada 10 kelereng dan kita mengambil 2 kelereng, maka peluang terambilnya kelereng akan berbeda. Kita harus menggunakan rumus kombinatorial untuk menghitung peluang terambilnya kelereng dalam contoh ini.

Rumus Kombinatorial

Rumus kombinatorial digunakan untuk menghitung jumlah cara yang berbeda untuk memilih k kelereng dari n kelereng yang ada. Rumus ini dinyatakan sebagai berikut:

nCk = n! / (k! * (n – k)!)

Dalam rumus ini, n adalah jumlah kelereng yang ada, k adalah jumlah kelereng yang diambil, dan nCk adalah jumlah cara yang berbeda untuk memilih k kelereng dari n kelereng yang ada.

Sebagai contoh, jika ada 10 kelereng dan kita mengambil 2 kelereng, maka jumlah cara yang berbeda untuk memilih 2 kelereng dari 10 kelereng adalah:

10C2 = 10! / (2! * (10 – 2)!) = 45

Artinya, ada 45 cara yang berbeda untuk memilih 2 kelereng dari 10 kelereng yang ada.

Cara Menghitung Peluang Terambilnya Kelereng

Setelah kita mengetahui jumlah cara yang berbeda untuk memilih k kelereng dari n kelereng yang ada, kita dapat menghitung peluang terambilnya kelereng dengan rumus peluang sederhana:

P = k / n

Dalam contoh sebelumnya, jika ada 10 kelereng dan kita mengambil 2 kelereng, maka peluang terambilnya kelereng adalah:

P = 2 / 10 = 0,2

Dengan demikian, peluang terambilnya kelereng adalah 0,2 atau 20%.

Contoh Soal

Seorang anak memiliki 30 kelereng di dalam kotak. Dia ingin mengambil 3 kelereng secara acak dari kotak tersebut. Berapa peluang terambilnya kelereng?

Menggunakan rumus kombinatorial, kita dapat menghitung jumlah cara yang berbeda untuk memilih 3 kelereng dari 30 kelereng yang ada:

30C3 = 30! / (3! * (30 – 3)!) = 4060

Artinya, ada 4060 cara yang berbeda untuk memilih 3 kelereng dari 30 kelereng yang ada.

Selanjutnya, kita dapat menghitung peluang terambilnya kelereng dengan rumus peluang sederhana:

P = 3 / 30 = 0,1

Dengan demikian, peluang terambilnya kelereng adalah 0,1 atau 10%.

Kesimpulan

Peluang terambilnya kelereng dapat dihitung dengan menggunakan rumus matematika sederhana yang disebut peluang. Untuk menghitung peluang terambilnya kelereng, kita harus mengetahui jumlah kelereng yang ada dan jumlah kelereng yang diambil. Jika jumlah kelereng yang diambil lebih dari satu, maka kita harus menggunakan rumus kombinatorial untuk menghitung jumlah cara yang berbeda untuk memilih k kelereng dari n kelereng yang ada. Dengan mengetahui jumlah cara yang berbeda untuk memilih k kelereng dari n kelereng yang ada, kita dapat menghitung peluang terambilnya kelereng dengan rumus peluang sederhana.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Peluang Terambilnya Kelereng ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.