Cara Menghitung Peluang Masuk Ptn

Cara Menghitung Peluang Masuk Ptn

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi pilihan banyak siswa SMA/SMK setelah lulus. Hal ini dikarenakan PTN dianggap memiliki kualitas pendidikan yang baik dan prestisius. Namun, untuk dapat diterima di PTN, siswa harus melalui proses seleksi yang ketat. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara menghitung peluang masuk PTN.

Peluang Masuk PTN

Peluang masuk PTN dapat dihitung dengan menggunakan persentase kelulusan seleksi masuk PTN yang disediakan oleh pihak universitas. Persentase kelulusan tersebut biasanya diperoleh dari jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima di PTN. Misalkan terdapat 1.000 pendaftar dan hanya 100 orang yang diterima, maka persentase kelulusan adalah 10%.

Namun, persentase kelulusan ini belum tentu menggambarkan peluang seseorang untuk diterima di PTN. Sebab, setiap orang memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Oleh karena itu, untuk memperhitungkan peluang diterima di PTN, diperlukan beberapa faktor lain.

Langkah-Langkah Menghitung Peluang Masuk PTN

Berikut adalah langkah-langkah menghitung peluang masuk PTN:

1. Tentukan Pilihan Program Studi (Prodi)

Pertama-tama, tentukan pilihan program studi yang diinginkan. Pilihlah program studi yang sesuai dengan minat dan potensi serta memiliki prospek kerja yang baik di masa depan.

2. Peroleh Informasi Peluang Masuk Prodi

Setiap PTN menyediakan informasi mengenai peluang masuk program studi di situs resminya. Anda bisa mencari informasi tersebut dengan mencari peluang masuk Prodi di kolom pencarian pada situs resmi PTN.

TRENDING:  Cara Menghitung Persentase Peluang Masuk Ptn

3. Peroleh Informasi Persyaratan dan Bobot Seleksi Prodi

Setiap Prodi memiliki persyaratan dan bobot seleksi yang berbeda. Oleh karena itu, peroleh informasi persyaratan dan bobot seleksi Prodi yang diinginkan pada situs resmi PTN.

4. Perkirakan Nilai Rata-Rata (GPA)

Perkirakan nilai rata-rata (GPA) berdasarkan rapor dan nilai Ujian Nasional (UN) yang sudah diperoleh. Gunakan rumus berikut untuk menghitung nilai rata-rata:

GPA = (nilai rapor x 2 + nilai UN x 3) / 5

5. Hitung Skor Akhir

Hitunglah skor akhir dengan menggunakan rumus:

Skor Akhir = (GPA x 100) + (Nilai Seleksi x Bobot Seleksi)

Nilai seleksi adalah nilai yang diperoleh pada seleksi masuk PTN, seperti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

6. Bandingkan Skor Akhir dengan Persyaratan Peluang Masuk Prodi

Bandingkan skor akhir dengan persyaratan peluang masuk Prodi yang diinginkan. Jika skor akhir lebih besar atau sama dengan persyaratan peluang masuk Prodi, maka peluang diterima di PTN semakin besar.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai langkah-langkah cara menghitung peluang masuk PTN. Peluang masuk PTN dapat dihitung dengan menggunakan persentase kelulusan seleksi masuk PTN yang disediakan oleh pihak universitas. Namun, untuk memperhitungkan peluang diterima di PTN, diperlukan beberapa faktor lain seperti pilihan program studi, persyaratan dan bobot seleksi Prodi, nilai rata-rata (GPA), dan skor akhir. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menghitung peluang masuk PTN.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Peluang Masuk PTN ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.