Cara Menghitung Pecahan Campuran Pembagian

Cara Menghitung Pecahan Campuran Pembagian

Pecahan adalah bagian dari suatu bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pecahan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pecahan biasa, pecahan campuran, dan pecahan desimal. Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Pembagian pada pecahan campuran terkadang membingungkan, namun dengan memahami langkah-langkahnya, kalian akan dapat menghitungnya dengan mudah.

Cara Menghitung Pecahan Campuran Pembagian

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian gunakan dalam menghitung pecahan campuran pembagian:

Langkah 1: Ubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Pertama, ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Misalnya, jika kita ingin menghitung 2 1/4 : 1/2, maka ubah pecahan campuran 2 1/4 menjadi pecahan biasa 9/4. Kita dapat membuat perubahan ini dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut dan kemudian menambahkan pembilangnya. Jadi, 2 1/4 sama dengan (2 x 4 + 1) / 4 = 9/4.

Langkah 2: Ubah Pembagian Menjadi Perkalian

Kedua, ubah pembagian menjadi perkalian. Kita dapat melakukan ini dengan membalik pecahan kedua dan mengubah tanda pembagian menjadi tanda kali. Jadi, 2 1/4 : 1/2 sama dengan 9/4 x 2.

Langkah 3: Kalikan dan Sederhanakan Pecahan

Ketiga, kalikan pecahan dan sederhanakan hasilnya jika perlu. Dalam contoh ini, 9/4 x 2 = 18/4. Kita dapat menyederhanakan pecahan ini dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor yang sama, yaitu 2. Oleh karena itu, 18/4 sama dengan 9/2.

TRENDING:  Cara Menghitung Pecahan Biasa Dan Campuran

Langkah 4: Ubah Kembali Menjadi Pecahan Campuran

Keempat, ubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran jika perlu. Dalam contoh ini, 9/2 sama dengan 4 1/2. Oleh karena itu, 2 1/4 : 1/2 sama dengan 4 1/2.

Contoh Soal Cara Menghitung Pecahan Campuran Pembagian

Berikut adalah contoh soal yang dapat kalian gunakan untuk mempraktikkan cara menghitung pecahan campuran pembagian.

Contoh Soal: Hitung 3 1/2 : 1 1/4.

Langkah 1: Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. 3 1/2 sama dengan 7/2. 1 1/4 sama dengan 5/4.

Langkah 2: Ubah pembagian menjadi perkalian. 3 1/2 : 1 1/4 sama dengan 7/2 x 4/5.

Langkah 3: Kalikan dan sederhanakan pecahan. 7/2 x 4/5 sama dengan 28/10. Kita dapat menyederhanakan pecahan ini dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor yang sama, yaitu 2. Oleh karena itu, 28/10 sama dengan 14/5.

Langkah 4: Ubah kembali menjadi pecahan campuran. 14/5 sama dengan 2 4/5. Oleh karena itu, 3 1/2 : 1 1/4 sama dengan 2 4/5.

Kesimpulan

Dalam menghitung pecahan campuran pembagian, langkah pertama adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Kemudian, ubah pembagian menjadi perkalian dan kalikan pecahan. Jika perlu, sederhanakan pecahan dan ubah kembali menjadi pecahan campuran. Dengan memahami langkah-langkah ini, kalian dapat menghitung pecahan campuran pembagian dengan mudah.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Pecahan Campuran Pembagian ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.