Cara Menghitung Pecahan Campuran Ke Persen

Cara Menghitung Pecahan Campuran Ke Persen

Sebelum memahami cara menghitung pecahan campuran ke persen, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu pecahan campuran dan persen. Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa (misalnya 1 3/4). Sedangkan persen adalah satuan untuk mengukur jumlah dalam bentuk per seratus.

Cara menghitung pecahan campuran ke persen dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Langkah 1: Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Langkah pertama dalam menghitung pecahan campuran ke persen adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut pecahan biasa dan menambahkan pembilang pada hasilnya. Contohnya, jika pecahan campuran adalah 2 1/3, maka dapat diubah menjadi 7/3.

Langkah 2: Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Desimal

Langkah kedua adalah mengubah pecahan biasa menjadi desimal. Caranya adalah dengan membagi pembilang dengan penyebut. Contohnya, jika pecahan biasa adalah 7/3, maka dapat diubah menjadi 2,33 (dalam angka desimal).

Langkah 3: Mengubah Desimal Menjadi Persen

Langkah terakhir adalah mengubah desimal menjadi persen. Caranya adalah dengan mengalikan desimal dengan 100. Contohnya, jika desimal adalah 2,33, maka dapat diubah menjadi 233%.

Jadi, secara keseluruhan, cara menghitung pecahan campuran ke persen adalah dengan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, mengubah pecahan biasa menjadi desimal, dan mengubah desimal menjadi persen.

Contoh Soal:

Jika pecahan campuran adalah 3 1/2, berapa persennya?

TRENDING:  Cara Menghitung Pecahan Ke Desimal

Jawaban:

Langkah 1: 3 1/2 dapat diubah menjadi pecahan biasa dengan mengalikan bilangan bulat (3) dengan penyebut (2) dan menambahkannya dengan pembilang (1), sehingga menjadi 7/2.

Langkah 2: Pecahan biasa 7/2 dapat diubah menjadi desimal dengan membagi pembilang (7) dengan penyebut (2), sehingga menjadi 3,5.

Langkah 3: Desimal 3,5 dapat diubah menjadi persen dengan mengalikan dengan 100, sehingga menjadi 350%.

Jadi, pecahan campuran 3 1/2 dapat diubah menjadi persen dengan cara mengikuti tiga langkah di atas, yaitu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa (7/2), mengubah pecahan biasa menjadi desimal (3,5), kemudian mengubah desimal menjadi persen (350%).

Kesimpulan

Cara menghitung pecahan campuran ke persen dapat dilakukan dengan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, mengubah pecahan biasa menjadi desimal, dan mengubah desimal menjadi persen. Dengan memahami langkah-langkah tersebut, kita dapat menghitung persentase dari suatu pecahan campuran dengan mudah dan cepat.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Pecahan Campuran Ke Persen ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.