Cara Menghitung Pecahan Campuran Dan Persen

Cara Menghitung Pecahan Campuran Dan Persen

Pengertian Pecahan Campuran Dan Persen

Sebelum membahas cara menghitung pecahan campuran dan persen, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu pecahan campuran dan persen.

Pecahan campuran adalah gabungan antara pecahan biasa dan bilangan bulat. Contohnya adalah 2 1/4 atau 3 5/8.

Sedangkan persen adalah bentuk pecahan dengan penyebut 100, yang menunjukkan perbandingan suatu nilai dengan 100. Contohnya adalah 50% yang artinya 50 per 100 atau 1/2.

Cara Menghitung Pecahan Campuran

Langkah pertama dalam menghitung pecahan campuran adalah mengubahnya menjadi pecahan biasa. Caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut dan menambahkannya dengan pembilang.

Contohnya, untuk mengubah pecahan campuran 2 1/4 menjadi pecahan biasa, kita kalikan bilangan bulat 2 dengan penyebut 4 dan menambahkannya dengan pembilang 1, sehingga menjadi (2×4+1)/4 = 9/4.

Setelah dicari pecahan biasanya, kita dapat melakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Contohnya, jika kita ingin menambahkan pecahan campuran 2 1/4 dengan pecahan 3 3/5, kita harus mengubah keduanya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu, yaitu 9/4 dan 18/5. Kemudian, kita dapat menjumlahkannya dengan cara mencari persamaan penyebutnya dan menghitung jumlah pembilangnya. Hasilnya adalah (9×5+18×4)/20 = 87/20.

Cara Menghitung Persen

Untuk menghitung persen, kita perlu mengetahui nilai asli dan nilai yang ingin dihitung persennya.

Contohnya, jika kita ingin menghitung persen dari 30 dari 50, maka kita harus membagi 30 dengan 50 dan mengalikan hasilnya dengan 100. Sehingga, (30/50) x 100 = 60%. Artinya, 30 merupakan 60% dari 50.

TRENDING:  Cara Menghitung Pecahan Desimal Ke Persen

Sedangkan jika kita ingin mencari nilai asli dari persen, kita dapat menggunakan rumus kebalikan yaitu nilai asli = (persen/100) x nilai yang diketahui.

Contohnya, jika kita ingin mencari nilai asli dari 25% dari 80, maka kita menggunakan rumus nilai asli = (25/100) x 80 = 20.

Kesimpulan

Menghitung pecahan campuran dan persen merupakan salah satu keterampilan matematika dasar yang penting untuk dikuasai. Untuk menghitung pecahan campuran, langkah pertama adalah mengubahnya menjadi pecahan biasa. Sedangkan untuk menghitung persen, kita perlu mengetahui nilai asli dan nilai yang ingin dihitung persennya.

Semoga artikel ini dapat membantu pembaca memahami cara menghitung pecahan campuran dan persen dengan lebih mudah. Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Pecahan Campuran Dan Persen ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.