Cara Menghitung Obat Dengan Berat Badan

Cara Menghitung Obat Dengan Berat Badan

Menentukan dosis obat yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam pengobatan. Salah dalam menentukan dosis obat bisa berakibat fatal bagi pasien. Oleh karena itu, para tenaga kesehatan harus benar-benar teliti dalam menentukan dosis obat yang tepat.

Salah satu cara untuk menentukan dosis obat yang tepat adalah dengan menghitung dosis obat berdasarkan berat badan pasien. Berikut adalah langkah-langkah cara menghitung obat dengan berat badan.

Langkah 1: Menentukan dosis obat per kg berat badan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan dosis obat per kg berat badan pasien. Dosis obat per kg berat badan ini biasanya sudah ditentukan dalam pedoman penggunaan obat atau protokol pengobatan yang ada di rumah sakit atau klinik.

Contohnya, jika dosis obat antibiotik yang diberikan untuk pasien dewasa adalah 15 mg/kgBB (kilogram berat badan) per hari, maka dosis obat untuk pasien dengan berat badan 60 kg adalah 900 mg per hari (15 mg/kgBB x 60 kg).

Langkah 2: Menghitung dosis obat yang harus diberikan

Setelah menentukan dosis obat per kg berat badan, langkah selanjutnya adalah menghitung dosis obat yang harus diberikan kepada pasien. Untuk menghitung dosis obat yang harus diberikan, maka perlu diketahui berapa jumlah obat yang terkandung dalam satu tablet atau kapsul obat.

Contohnya, jika obat antibiotik yang diberikan dalam bentuk tablet mengandung 300 mg obat per tablet, maka untuk dosis 900 mg per hari, pasien harus diberikan 3 tablet obat per hari (900 mg : 300 mg).

TRENDING:  Cara Menghitung Obat Berdasarkan Berat Badan

Langkah 3: Membagi dosis obat menjadi beberapa kali pemberian

Setelah menentukan dosis obat yang harus diberikan, langkah selanjutnya adalah membagi dosis obat menjadi beberapa kali pemberian dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar obat dalam tubuh pasien agar tetap stabil dan efektif dalam mengatasi penyakit yang diderita.

Misalnya, jika dosis obat yang harus diberikan adalah 3 tablet obat per hari, maka dosis obat tersebut dapat dibagi menjadi 1 tablet setiap 8 jam. Atau jika dosis obat harus diberikan 2 kali sehari, maka 2 tablet obat dapat diberikan pada saat yang sama setiap kali pemberian.

Kesimpulan

Menentukan dosis obat yang tepat sangatlah penting dalam pengobatan. Salah dalam menentukan dosis obat bisa berakibat fatal bagi pasien. Cara menghitung obat dengan berat badan adalah salah satu cara untuk menentukan dosis obat yang tepat. Langkah-langkah yang digunakan dalam cara menghitung obat dengan berat badan adalah menentukan dosis obat per kg berat badan, menghitung dosis obat yang harus diberikan, dan membagi dosis obat menjadi beberapa kali pemberian.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca untuk mengetahui cara menghitung obat dengan berat badan yang benar dan tepat. Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Obat Dengan Berat Badan ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.