Cara Menghitung Modus Data Tunggal

Cara Menghitung Modus Data Tunggal

Pendahuluan

Modus adalah nilai yang paling sering muncul dalam suatu kumpulan data. Dalam statistik, modus dianggap sebagai salah satu ukuran pemusatan data bersama dengan mean dan median. Modus dapat digunakan untuk menentukan nilai yang paling sering muncul dalam suatu kumpulan data.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang Cara Menghitung Modus Data Tunggal dengan detail langkah-langkah yang digunakan dalam proses tersebut.

Langkah-langkah Menghitung Modus Data Tunggal

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat digunakan untuk menghitung modus data tunggal:

1. Urutkan data dari nilai terkecil hingga nilai terbesar.

2. Hitung frekuensi kemunculan setiap nilai.

3. Tentukan nilai yang memiliki frekuensi tertinggi sebagai modus.

Contoh:

Diberikan data: 3, 4, 5, 4, 6, 3, 7, 4, 5, 2.

1. Urutkan data dari nilai terkecil hingga nilai terbesar: 2, 3, 3, 4, 4, 4, 5, 5, 6, 7.

2. Hitung frekuensi kemunculan setiap nilai: 2 (1 kali), 3 (2 kali), 4 (3 kali), 5 (2 kali), 6 (1 kali), dan 7 (1 kali).

3. Tentukan nilai yang memiliki frekuensi tertinggi sebagai modus. Dalam contoh di atas, nilai 4 muncul sebanyak 3 kali, sehingga modus untuk data tersebut adalah 4.

Kesimpulan

Modus adalah nilai yang paling sering muncul dalam suatu kumpulan data. Cara menghitung modus data tunggal adalah dengan mengurutkan data dari nilai terkecil hingga nilai terbesar, menghitung frekuensi kemunculan setiap nilai, dan menentukan nilai yang memiliki frekuensi tertinggi sebagai modus.

TRENDING:  Cara Menghitung Modus Data Kelompok

Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, kita dapat dengan mudah menghitung modus data tunggal dari suatu kumpulan data.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Modus Data Tunggal ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.