Cara Menghitung Mean Dan Median

Cara Menghitung Mean Dan Median

Mean dan median adalah dua istilah yang sangat penting dalam statistik. Kedua istilah ini digunakan untuk mengukur nilai tengah dari sejumlah data. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menghitung mean dan median.

Mean

Mean adalah nilai rata-rata dari sejumlah data. Mean sering digunakan untuk mengukur nilai tengah dari data yang terdistribusi secara normal. Cara menghitung mean adalah dengan menjumlahkan semua data dan kemudian membaginya dengan jumlah data tersebut.

Sebagai contoh, kita memiliki data 2, 4, 6, 8, dan 10. Untuk menghitung mean dari data ini, kita perlu menjumlahkan semua data terlebih dahulu:

2 + 4 + 6 + 8 + 10 = 30

Setelah itu, kita perlu membagi jumlah data dengan jumlah angka yang ada:

30 / 5 = 6

Jadi, mean dari data ini adalah 6.

Median

Median adalah nilai tengah dari sejumlah data. Median sering digunakan untuk mengukur nilai tengah dari data yang tidak terdistribusi secara normal. Untuk menghitung median, kita perlu mengurutkan data terlebih dahulu dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya.

Sebagai contoh, kita memiliki data 2, 4, 6, 8, dan 10. Untuk menghitung median dari data ini, kita perlu mengurutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar:

2, 4, 6, 8, 10

Karena jumlah data ganjil, maka median adalah nilai tengah dari data tersebut, yaitu 6.

Sebagai contoh lain, kita memiliki data 2, 4, 6, 8, 10, dan 12. Untuk menghitung median dari data ini, kita perlu mengurutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar:

TRENDING:  Cara Menghitung Mean Median Modus Statistika

2, 4, 6, 8, 10, 12

Karena jumlah data genap, maka median adalah rata-rata dari dua nilai tengah, yaitu 6 dan 8:

(6 + 8) / 2 = 7

Jadi, median dari data ini adalah 7.

Kesimpulan

Dalam statistik, mean dan median adalah dua istilah penting yang digunakan untuk mengukur nilai tengah dari sejumlah data. Mean adalah nilai rata-rata dari data, sedangkan median adalah nilai tengah dari data yang telah diurutkan. Cara menghitung mean adalah dengan menjumlahkan semua data dan membaginya dengan jumlah data tersebut. Sedangkan cara menghitung median adalah dengan mengurutkan data terlebih dahulu dan mencari nilai tengah dari data tersebut. Dalam menentukan nilai tengah dari sejumlah data, baik mean atau median, perlu dilakukan dengan hati-hati agar hasil yang didapatkan akurat dan dapat diandalkan.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Mean Dan Median ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.