Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Tidak Hamil

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Tidak Hamil

Bagi pasangan yang belum siap memiliki anak atau ingin menunda kehamilan, penting untuk memahami cara menghitung masa subur wanita agar tidak hamil. Masa subur merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi jika ingin diperbolehkan kehamilan. Pada masa ini, sel telur yang matang dilepaskan dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Nah, untuk mengetahui kapan masa subur terjadi, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Mencatat siklus menstruasi

Langkah pertama dalam menghitung masa subur adalah dengan mencatat siklus menstruasi selama beberapa bulan. Siklus menstruasi bisa bervariasi pada setiap wanita, tetapi rata-rata berlangsung selama 28 hari. Jika siklus menstruasi lebih panjang atau lebih pendek dari itu, sebaiknya catat dengan baik.

2. Menentukan hari pertama menstruasi

Setelah mencatat siklus menstruasi, langkah selanjutnya adalah menentukan hari pertama menstruasi. Hari pertama menstruasi adalah hari pertama keluarnya darah dari vagina. Catat tanggalnya dan lanjutkan pencatatan hingga beberapa bulan ke depan.

3. Menghitung lama siklus menstruasi

Setelah menentukan hari pertama menstruasi, hitunglah lama siklus menstruasi. Lama siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari sebelum menstruasi berikutnya. Contohnya, jika siklus menstruasi Anda berlangsung selama 30 hari, maka lama siklus menstruasi adalah 30 hari.

4. Menghitung masa subur

Setelah mengetahui lama siklus menstruasi, hitunglah masa subur. Masa subur terjadi sekitar 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Jika siklus menstruasi Anda berlangsung selama 28 hari, maka masa subur terjadi pada hari ke-14. Jika siklus menstruasi berlangsung selama 30 hari, maka masa subur terjadi pada hari ke-16.

TRENDING:  Cara Menghitung Masa Ovulasi Agar Cepat Hamil

Untuk lebih akurat, gunakan metode kalender. Pertama, hitunglah hari pertama menstruasi dan catat pada kalender. Lanjutkan pencatatan sampai beberapa bulan ke depan. Kemudian, hitunglah lama siklus menstruasi dan tentukan masa subur dengan mengurangi 14 hari dari lama siklus menstruasi. Gunakan tanda berbeda pada kalender untuk menandai masa subur. Dengan metode ini, Anda bisa lebih mudah melihat pola siklus menstruasi dan masa subur pada bulan-bulan berikutnya.

5. Menggunakan aplikasi atau alat bantu

Di era digital saat ini, sudah banyak aplikasi atau alat bantu yang bisa membantu Anda menghitung masa subur. Aplikasi tersebut biasanya meminta Anda untuk menginput tanggal menstruasi dan lama siklus menstruasi. Kemudian, aplikasi akan menghitung masa subur dan memberikan peringatan saat masa subur terjadi. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di smartphone Anda.

Kesimpulan

Menghitung masa subur wanita adalah cara yang efektif untuk menunda kehamilan atau merencanakan kehamilan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah mencatat siklus menstruasi, menentukan hari pertama menstruasi, menghitung lama siklus menstruasi, dan menghitung masa subur. Metode kalender atau aplikasi bisa digunakan untuk membantu Anda menghitung masa subur. Dengan memahami cara menghitung masa subur, Anda bisa memiliki kontrol terhadap kehamilan dan menjalani kehidupan seksual dengan lebih aman dan nyaman.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Tidak Hamil ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.