Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Pengertian Masa Subur Wanita

Sebelum membahas tentang cara menghitung masa subur wanita, penting untuk memahami pengertian dari masa subur itu sendiri. Masa subur wanita adalah masa dimana sel telur yang matang dari indung telur dilepaskan ke dalam saluran reproduksi wanita dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Masa subur ini terjadi pada saat ovulasi, yang merupakan proses pelepasan sel telur dari indung telur.

Waktu Ideal untuk Hamil

Masa subur adalah waktu ideal untuk melakukan hubungan seksual jika ingin hamil. Namun, perlu diingat bahwa sel telur yang telah dilepaskan hanya bertahan selama 12-24 jam dan sperma dapat bertahan hingga 5-7 hari dalam rahim. Oleh karena itu, jika ingin hamil, hubungan seksual sebaiknya dilakukan pada 2-3 hari sebelum ovulasi terjadi.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Ada beberapa cara untuk menghitung masa subur wanita, di antaranya:

1. Menggunakan Kalender Menstruasi

Cara ini dilakukan dengan mencatat hari pertama menstruasi setiap bulannya selama beberapa bulan. Setelah itu, hitung rata-rata jumlah hari dari setiap siklus menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi yang normal berkisar antara 28-32 hari. Kemudian, kurangi 18 dari jumlah hari terpendek dalam siklus menstruasi untuk menentukan hari pertama masa subur. Contohnya, jika siklus menstruasi terpendek anda adalah 28 hari, maka hari pertama masa subur anda adalah hari ke-10 (28 – 18). Untuk menentukan hari terakhir masa subur, kurangi 11 dari jumlah hari terpanjang dalam siklus menstruasi. Jika siklus menstruasi terpanjang anda 32 hari, maka hari terakhir masa subur adalah hari ke-21 (32 – 11).

TRENDING:  Cara Menghitung Masa Subur Tidak Teratur

2. Menggunakan Aplikasi Kesehatan Reproduksi

Anda dapat menggunakan aplikasi kesehatan reproduksi untuk membantu menghitung masa subur anda. Aplikasi ini akan meminta anda untuk memasukkan data siklus menstruasi anda selama beberapa bulan terakhir dan kemudian akan menghitung hari-hari masa subur anda berdasarkan data tersebut.

3. Menggunakan Ovulasi Predictor Kit

Ovulasi Predictor Kit adalah alat tes yang dapat digunakan untuk mendeteksi hormon luteinizing (LH) dalam urin. Hormon LH meningkat sebelum ovulasi terjadi, sehingga tes ini dapat membantu anda mengetahui kapan masa subur anda akan terjadi.

Tanda-tanda Masa Subur Wanita

Selain dengan menghitung menggunakan cara di atas, ada beberapa tanda-tanda fisik yang dapat membantu anda mengetahui kapan masa subur terjadi, di antaranya:

1. Perubahan Suhu Tubuh

Suhu tubuh basal wanita naik sekitar 0,5 hingga 1 derajat Celsius setelah ovulasi terjadi. Anda dapat mengukur suhu tubuh basal anda setiap pagi sebelum bangun tidur untuk mengetahui kapan ovulasi terjadi.

2. Perubahan Cairan Serviks

Cairan serviks wanita akan berubah seiring dengan siklus menstruasi. Pada masa subur, cairan serviks akan menjadi lebih encer dan licin, seperti putih telur mentah dan dapat ditarik panjang.

3. Nyeri atau Sensasi Tidak Nyaman di Perut Bagian Bawah

Beberapa wanita mungkin merasakan nyeri atau sensasi tidak nyaman di perut bagian bawah saat ovulasi terjadi.

Kesimpulan

Menghitung masa subur wanita dapat membantu pasangan yang ingin hamil untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, termasuk menggunakan kalender menstruasi, aplikasi kesehatan reproduksi, dan ovulasi predictor kit. Selain itu, ada juga beberapa tanda-tanda fisik yang dapat membantu mengetahui kapan masa subur terjadi, seperti perubahan suhu tubuh, perubahan cairan serviks, dan nyeri atau sensasi tidak nyaman di perut bagian bawah.

TRENDING:  Cara Menghitung Masa Subur Kehamilan

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.