Cara Menghitung Masa Subur Agar Tidak Hamil

Cara Menghitung Masa Subur Agar Tidak Hamil

Pengenalan

Saat ingin merencanakan kehamilan, memahami masa subur menjadi salah satu kunci penting yang harus dipahami oleh pasangan suami istri. Masa subur adalah waktu di mana sel telur yang dilepaskan oleh indung telur dapat dibuahi oleh sperma. Namun, jika pasangan suami istri ingin mencegah kehamilan, menghitung masa subur menjadi penting untuk menghindari hubungan seksual pada waktu yang tepat.

Langkah-langkah Menghitung Masa Subur Agar Tidak Hamil

1. Mengetahui Durasi Siklus Menstruasi

Langkah pertama dalam menghitung masa subur adalah mengetahui durasi siklus menstruasi Anda. Siklus menstruasi adalah periode antara dua periode menstruasi dan dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Idealnya, siklus menstruasi seorang wanita adalah 28 hari, namun, siklus menstruasi dapat bervariasi dari 21 hingga 35 hari.

2. Menentukan Masa Subur

Masa subur dapat dihitung dengan rumus sederhana. Pada umumnya, masa subur terjadi 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Misalnya jika siklus menstruasi Anda 28 hari, maka masa subur Anda akan terjadi pada hari ke-14. Namun, jika siklus menstruasi Anda lebih pendek atau lebih panjang, perhitungan dapat diubah dengan cara berikut:

Untuk siklus menstruasi 21 hari, masa subur terjadi pada hari ke-7
Untuk siklus menstruasi 30 hari, masa subur terjadi pada hari ke-16
Untuk siklus menstruasi 35 hari, masa subur terjadi pada hari ke-21

3. Menggunakan Aplikasi atau Alat Bantu

TRENDING:  Cara Menghitung Masa Tidak Subur Dengan Kalender

Selain dengan rumus sederhana, Anda juga dapat menggunakan aplikasi atau alat bantu untuk menghitung masa subur Anda. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di pasaran yang dapat membantu Anda menghitung masa subur dengan lebih mudah dan akurat. Beberapa alat bantu yang juga tersedia di pasaran antara lain termometer basal dan alat tes ovulasi.

Cara Menghitung Masa Subur Agar Tidak Hamil

Ada beberapa cara untuk menghitung masa subur agar tidak hamil. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Menggunakan Kalender

Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan kalender. Langkah-langkahnya adalah:

Catat tanggal pertama hari haid Anda selama beberapa bulan.
Hitung durasi siklus menstruasi Anda dengan cara menghitung antara dua tanggal hari pertama haid Anda.
Hitung masa subur Anda dengan mengurangi 14 hari dari durasi siklus menstruasi Anda. Contohnya, jika durasi siklus menstruasi Anda 28 hari, maka masa subur Anda terjadi pada hari ke-14.
Anda dapat menghindari hubungan seksual pada masa subur Anda agar tidak hamil.

2. Menggunakan Aplikasi

Anda juga dapat menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di pasaran untuk menghitung masa subur Anda. Dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu memasukkan tanggal pertama haid dan durasi siklus menstruasi Anda, dan aplikasi akan menghitung masa subur Anda secara otomatis. Beberapa aplikasi yang tersedia di pasaran antara lain My Days, Ovia, dan Glow.

3. Tes Ovulasi

Tes ovulasi adalah salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk menghitung masa subur. Tes ini bekerja dengan mendeteksi kadar hormon luteinizing (LH) dalam urin. Kadar LH meningkat tajam pada masa subur, sehingga tes ovulasi dapat memprediksi kapan ovulasi akan terjadi. Anda dapat menggunakan tes ovulasi untuk mengetahui kapan masa subur Anda, dan menghindari hubungan seksual pada waktu itu.

TRENDING:  Cara Menghitung Masa Tidak Subur Agar Tidak Hamil

Kesimpulan

Menghitung masa subur menjadi penting bagi pasangan suami istri yang ingin merencanakan kehamilan atau mencegah kehamilan. Masa subur dapat dihitung dengan rumus sederhana atau menggunakan aplikasi dan alat bantu. Untuk menghindari kehamilan, pasangan suami istri dapat menghindari hubungan seksual pada masa subur.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Masa Subur Agar Tidak Hamil ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.