Cara Menghitung Luas Volume Balok

Cara Menghitung Luas Volume Balok

Pengertian Balok

Sebelum membahas cara menghitung luas volume balok, kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu balok. Balok merupakan salah satu bentuk bangun ruang tiga dimensi yang memiliki tiga sisi yang saling bersebrangan berbentuk persegi panjang dan tiga sisi lainnya saling bersebelahan berbentuk persegi panjang juga. Balok biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan bangunan atau sebagai komponen dalam perabotan rumah tangga.

Luas Balok

Luas balok merupakan ukuran bidang yang menunjukkan besarnya daerah permukaan balok. Luas balok dapat ditemukan dengan rumus panjang x lebar x tinggi. Dalam rumus ini, panjang merupakan ukuran sisi yang membentuk sisi atas dan bawah balok, lebar merupakan ukuran sisi yang membentuk sisi kiri dan kanan balok, dan tinggi merupakan ukuran sisi yang membentuk sisi depan dan belakang balok.

Contoh: Sebuah balok memiliki panjang 5 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 3 cm. Maka luas permukaan balok dapat dihitung dengan rumus 5 x 4 x 3 = 60 cm2.

Volume Balok

Volume balok merupakan ukuran isi atau kapasitas ruang yang dimiliki oleh balok. Volume balok dapat ditemukan dengan rumus panjang x lebar x tinggi. Dalam rumus ini, panjang merupakan ukuran sisi yang membentuk sisi atas dan bawah balok, lebar merupakan ukuran sisi yang membentuk sisi kiri dan kanan balok, dan tinggi merupakan ukuran sisi yang membentuk sisi depan dan belakang balok.

Contoh: Sebuah balok memiliki panjang 5 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 3 cm. Maka volume balok dapat dihitung dengan rumus 5 x 4 x 3 = 60 cm3.

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Dan Volume Balok

Cara Menghitung Luas Volume Balok

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menghitung luas dan volume balok:

1. Tentukan ukuran panjang, lebar, dan tinggi balok.
2. Hitung luas balok dengan rumus panjang x lebar x tinggi.
3. Hitung volume balok dengan rumus panjang x lebar x tinggi.

Contoh: Sebuah balok memiliki panjang 5 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 3 cm.

1. Ukuran panjang, lebar, dan tinggi balok telah diberikan dalam soal, yakni panjang 5 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 3 cm.
2. Hitung luas balok dengan rumus panjang x lebar x tinggi. 5 x 4 x 3 = 60 cm2.
3. Hitung volume balok dengan rumus panjang x lebar x tinggi. 5 x 4 x 3 = 60 cm3.

Kesimpulan

Dalam menghitung luas dan volume balok, rumus yang digunakan sama, yakni panjang x lebar x tinggi. Namun, penggunaan rumus bergantung pada jenis ukuran yang akan dihitung, apakah luas atau volume. Selain itu, menghitung luas dan volume balok sangatlah mudah asalkan kita mengetahui ukuran panjang, lebar, dan tinggi balok yang akan dihitung.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Volume Balok ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.