Cara Menghitung Luas Trapesium Sama Kaki

Cara Menghitung Luas Trapesium Sama Kaki

Pengertian Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki adalah bentuk bangun datar yang memiliki dua sisi yang sejajar dan sama panjang serta dua sisi lainnya yang tidak sejajar dan panjangnya berbeda. Luas trapesium sama kaki dapat dihitung dengan rumus yang sederhana.

Cara Menghitung Luas Trapesium Sama Kaki

Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menghitung luas trapesium sama kaki adalah sebagai berikut:

1. Tentukan panjang sisi sejajar atau sisi atas dan bawah trapesium sama kaki. Misalnya, sisi atas bernilai a dan sisi bawah bernilai b.

2. Tentukan tinggi trapesium sama kaki. Tinggi trapesium sama kaki adalah jarak antara sisi atas dan sisi bawah trapesium sama kaki. Misalnya, tinggi trapesium sama kaki bernilai h.

3. Gunakan rumus luas trapesium sama kaki. Rumus luas trapesium sama kaki adalah 1/2 x (a + b) x h.

4. Hitung hasil perkalian (a + b) dengan h.

5. Bagi hasil perkalian tersebut dengan 2.

6. Hasil bagi tersebut merupakan luas trapesium sama kaki.

Contoh Soal

Sebuah trapesium sama kaki memiliki sisi atas sepanjang 8 cm, sisi bawah sepanjang 12 cm, dan tinggi 6 cm. Berapakah luas trapesium sama kaki tersebut?

Jawab:

1. a = 8 cm dan b = 12 cm.

2. h = 6 cm.

3. Luas trapesium sama kaki = 1/2 x (a + b) x h = 1/2 x (8 + 12) x 6 = 60 cm².

Jadi, luas trapesium sama kaki adalah 60 cm².

Kesimpulan

Menghitung luas trapesium sama kaki sangat mudah dilakukan dengan menggunakan rumus yang sederhana. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah menentukan panjang sisi atas dan bawah, tinggi trapesium sama kaki, dan menggunakan rumus luas trapesium sama kaki. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menghitung luas trapesium sama kaki dengan cepat dan akurat.

TRENDING:  Mudahnya Menghitung Keliling Trapesium Dengan Rumus Yang Simpel

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Trapesium Sama Kaki ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.