Cara Menghitung Luas Tanah Lewat Google Map

Cara Menghitung Luas Tanah Lewat Google Map

Jika Anda ingin mengetahui luas tanah milik Anda, menggunakan Google Map bisa menjadi pilihan yang tepat dan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk menghitung luas tanah lewat Google Map secara mendetail.

Langkah Pertama: Membuka Google Map

Langkah pertama adalah membuka Google Map di browser Anda. Anda dapat mengaksesnya dengan mengetikkan Google Map di mesin pencari atau langsung mengunjungi situs Google Map di alamat maps.google.com.

Langkah Kedua: Menemukan Lokasi Tanah Anda

Setelah membuka Google Map, Anda perlu menemukan lokasi tanah Anda. Untuk melakukannya, cukup masukkan alamat atau nama tempat pada kolom pencarian di bagian atas layar. Jika tanah Anda cukup besar, cobalah untuk menemukan titik pusatnya.

Langkah Ketiga: Menandai Titik Pusat Tanah

Selanjutnya, Anda perlu menandai titik pusat tanah dengan menekan tombol Tambahkan Tanda di bagian bawah layar. Posisikan tanda tersebut pada pusat tanah Anda.

Langkah Keempat: Menambahkan Batas Tanah

Setelah menandai titik pusat tanah, Anda perlu menambahkan batas tanah dengan menekan tombol Tambahkan Garis di bagian bawah layar. Selanjutnya, klik pada titik-titik sepanjang batas tanah Anda hingga membentuk garis melingkar.

Langkah Kelima: Menghitung Luas Tanah

Setelah menambahkan batas tanah, Anda dapat menghitung luas tanah Anda dengan menekan tombol Ukur Jarak di bagian bawah layar. Kemudian, klik pada setiap titik di sepanjang garis batas tanah Anda hingga membentuk poligon. Luas tanah Anda akan muncul pada layar.

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Tanah Di Google Maps

Jangan lupa untuk mengubah satuan pengukuran jika diperlukan, seperti dari meter persegi ke hektar atau acre.

Langkah Enam: Menyimpan Hasil Pengukuran

Setelah menghitung luas tanah Anda, Anda dapat menyimpan hasilnya dengan menekan tombol Bagikan di bagian atas layar. Selanjutnya, pilih Salin Tautan untuk menyalin tautan hasil pengukuran Anda dan menyimpannya di dokumen atau catatan. Anda juga dapat membagikan hasilnya dengan orang lain melalui email atau media sosial.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara menghitung luas tanah lewat Google Map secara lengkap. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengukur luas tanah Anda dengan mudah dan akurat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengukur luas tanah Anda. Terima kasih telah membaca!

Artikel ini disusun oleh BicaraFakta.com. Kami berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pembaca kami. Sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.