Cara Menghitung Luas Segitiga Lancip

Cara Menghitung Luas Segitiga Lancip

Segitiga lancip adalah segitiga yang memiliki salah satu sudut kurang dari 90 derajat. Untuk menghitung luas segitiga lancip, kita membutuhkan rumus matematika yang berbeda dengan segitiga yang memiliki sudut 90 derajat atau lebih. Berikut adalah cara menghitung luas segitiga lancip:

Langkah 1: Mengukur Panjang Alas dan Tinggi

Langkah pertama dalam menghitung luas segitiga lancip adalah mengukur panjang alas dan tingginya. Alas adalah sisi segitiga yang terletak di bawah sudut lancip, sedangkan tinggi adalah jarak dari alas ke sudut lancip yang berlawanan.

Untuk mengukur panjang alas, cukup ukur jarak dari titik ujung alas ke titik ujung yang lain. Untuk mengukur tinggi, ukur jarak dari sudut lancip ke alas dengan garis yang tegak lurus terhadap alas.

Langkah 2: Menghitung Luas

Setelah mengetahui panjang alas dan tinggi, kita bisa menggunakan rumus matematika untuk menghitung luas segitiga lancip. Rumusnya adalah:

Luas = 1/2 x alas x tinggi

Jadi, jika panjang alas adalah 10 cm dan tinggi adalah 8 cm, maka luas segitiga lancip adalah:

Luas = 1/2 x 10 cm x 8 cm

Luas = 40 cm2

Jadi, luas segitiga lancip dengan panjang alas 10 cm dan tinggi 8 cm adalah 40 cm2.

Contoh Soal:

Jika panjang alas segitiga lancip adalah 12 cm dan tingginya adalah 6 cm, berapa luas segitiga lancip tersebut?

Jawab:

Luas = 1/2 x alas x tinggi

Luas = 1/2 x 12 cm x 6 cm

Luas = 36 cm2

Jadi, luas segitiga lancip dengan panjang alas 12 cm dan tinggi 6 cm adalah 36 cm2.

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Segitiga Dengan Mudah Dan Tepat

Kesimpulan

Segitiga lancip adalah segitiga yang memiliki salah satu sudut kurang dari 90 derajat. Untuk menghitung luas segitiga lancip, kita harus mengukur panjang alas dan tinggi, dan kemudian menggunakan rumus matematika untuk menghitung luasnya. Rumusnya adalah Luas = 1/2 x alas x tinggi.

Semoga artikel Cara Menghitung Luas Segitiga Lancip ini bermanfaat bagi pembaca untuk memahami cara menghitung luas segitiga lancip dengan benar. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.