Cara Menghitung Luas Segi Empat Tak Beraturan

Cara Menghitung Luas Segi Empat Tak Beraturan

Segi empat tak beraturan merupakan suatu bangun datar yang tidak memiliki sisi dan sudut sama panjang atau sama besar. Oleh karena itu, cara menghitung luas segi empat tak beraturan tidak sama dengan segi empat pada umumnya. Berikut adalah cara menghitung luas segi empat tak beraturan:

Langkah 1: Pisahkan Segi Empat Tak Beraturan Menjadi Bangun Datar Sederhana

Pertama-tama, pisahkan segi empat tak beraturan menjadi bangun datar sederhana seperti trapesium, segitiga, atau persegi panjang. Hal ini dilakukan agar mudah dalam menghitung luasnya.

Langkah 2: Hitung Luas Bangun Datar Sederhana yang Telah Dipisahkan

Setelah mengubah segi empat tak beraturan menjadi bangun datar sederhana, selanjutnya hitung luas bangun datar tersebut. Misalnya, jika segi empat tak beraturan tersebut telah dipisahkan menjadi dua segitiga, maka hitung luas masing-masing segitiga dan jumlahkan hasilnya.

Langkah 3: Jumlahkan Seluruh Luas Bangun Datar Sederhana

Terakhir, jumlahkan seluruh luas bangun datar sederhana yang telah dihitung pada langkah kedua. Dengan kata lain, jumlahkan luas segitiga, trapesium, atau persegi panjang yang telah dipisahkan dari segi empat tak beraturan.

Contoh Soal

Misalkan terdapat sebuah segi empat tak beraturan seperti pada gambar di bawah ini:

Untuk menghitung luas segi empat tak beraturan di atas, kita dapat memisahkan bangun datarnya menjadi dua segitiga seperti pada gambar di bawah ini:

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Tanah Segi Empat

Selanjutnya, hitung luas masing-masing segitiga menggunakan rumus:

Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi

Segitiga 1: 1/2 x 7 x 5 = 17.5

Segitiga 2: 1/2 x 5 x 4 = 10

Terakhir, jumlahkan kedua luas segitiga tersebut:

Luas segi empat tak beraturan = 17.5 + 10 = 27.5

Sehingga luas dari segi empat tak beraturan pada contoh soal di atas adalah 27.5 satuan luas.

Kesimpulan

Cara menghitung luas segi empat tak beraturan adalah dengan memisahkan segi empat tak beraturan menjadi beberapa bangun datar sederhana seperti trapesium, segitiga, atau persegi panjang. Selanjutnya, hitung luas masing-masing bangun datar tersebut dan jumlahkan hasilnya. Dengan begitu, Anda sudah dapat menghitung luas segi empat tak beraturan secara mudah dan cepat.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Segi Empat Tak Beraturan ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.