Cara Menghitung Luas Persegi Tidak Beraturan

Cara Menghitung Luas Persegi Tidak Beraturan

Persegi merupakan salah satu bentuk bangun datar yang memiliki keunikan tersendiri. Persegi memiliki sisi yang sama panjang dan sudut yang sama besar sebesar 90 derajat. Namun, bagaimana cara menghitung luas sebuah persegi yang tidak beraturan?

Langkah-langkah Menghitung Luas Persegi Tidak Beraturan

Untuk menghitung luas persegi tidak beraturan, terdapat beberapa langkah yang harus diikuti.

Bagi persegi menjadi beberapa bagian yang beraturan. Sebagai contoh, jika persegi memiliki bentuk segitiga yang menempel pada salah satu sisinya, maka segitiga tersebut harus dihitung terlebih dahulu.
Hitung luas masing-masing bagian persegi yang telah dibagi. Untuk masing-masing bagian persegi, hitung luasnya menggunakan rumus yang sesuai dengan bentuknya. Sebagai contoh, jika terdapat segitiga, hitunglah luas segitiga dengan rumus ½ × alas × tinggi.
Jumlahkan luas masing-masing bagian persegi menjadi satu kesatuan. Setelah seluruh bagian persegi dihitung, maka jumlahkan luas masing-masing bagian tersebut. Hasil penjumlahan inilah yang merupakan luas persegi tidak beraturan.

Contoh Penghitungan Luas Persegi Tidak Beraturan

Untuk lebih memudahkan dalam memahami langkah-langkah tersebut, berikut adalah contoh penghitungan luas persegi tidak beraturan.

Dalam gambar di atas, terdapat persegi dengan bentuk yang tidak beraturan. Untuk menghitung luasnya, maka langkah-langkah yang perlu diikuti adalah:

Bagi persegi menjadi dua bagian, yaitu segitiga dan belah ketupat.
Hitung luas masing-masing bagian persegi. Untuk segitiga, hitunglah luasnya dengan rumus ½ × alas × tinggi = ½ × 10 × 6 = 30. Untuk belah ketupat, hitunglah luasnya dengan rumus ½ × diagonal 1 × diagonal 2 = ½ × 8 × 6 = 24.
Jumlahkan luas masing-masing bagian persegi menjadi satu kesatuan. Hasil penjumlahan dari luas segitiga dan belah ketupat adalah 30 + 24 = 54. Jadi, luas persegi tidak beraturan pada gambar di atas adalah 54 satuan luas.

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Segi Empat Tak Beraturan

Kesimpulan

Luas persegi tidak beraturan dapat dihitung dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pertama-tama bagi persegi menjadi beberapa bagian yang beraturan, kemudian hitung luas masing-masing bagian dan jumlahkan hasilnya. Dengan langkah-langkah tersebut, penghitungan luas persegi tidak beraturan akan lebih mudah.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Persegi Tidak Beraturan ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.