Cara Menghitung Luas Persegi Panjang Tidak Sama Sisi

Cara Menghitung Luas Persegi Panjang Tidak Sama Sisi

Persegi panjang adalah sebuah bangun datar yang memiliki empat sisi, dua pasang sisi yang sama panjang dan memiliki sudut yang sama besar. Namun, kadang-kadang kita perlu menghitung luas persegi panjang yang memiliki sisi yang tidak sama panjang. Berikut adalah cara menghitung luas persegi panjang tidak sama sisi:

Langkah 1: Tentukan panjang dan lebar

Pertama, tentukan panjang dan lebar persegi panjang tersebut. Panjang dan lebar bisa dinyatakan dalam satuan apa pun, seperti meter, sentimeter, atau inchi. Pastikan untuk menandai mana yang adalah panjang dan mana yang adalah lebar agar hasil perhitungan akurat dan sesuai dengan yang diinginkan.

Langkah 2: Kalikan panjang dengan lebar

Setelah mengetahui panjang dan lebar persegi panjang tersebut, kalikan kedua nilai tersebut. Hasil dari perkalian inilah yang disebut dengan luas persegi panjang. Rumus untuk menghitung luas persegi panjang adalah sebagai berikut:

Luas = panjang x lebar

Sebagai contoh, jika panjang adalah 6 meter dan lebar adalah 4 meter, maka untuk menghitung luas persegi panjangnya, lakukan perhitungan sebagai berikut:

Luas = 6 meter x 4 meter = 24 meter persegi

Langkah 3: Jumlahkan luas bagian-bagian persegi panjang

Jika persegi panjang memiliki bagian-bagian dengan ukuran yang berbeda, Anda bisa menghitung luas masing-masing bagian dan kemudian menjumlahkannya. Misalnya, jika persegi panjang memiliki bagian A dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter, serta bagian B dengan panjang 3 meter dan lebar 2 meter, maka untuk menghitung luas keseluruhan persegi panjang, lakukan perhitungan sebagai berikut:

TRENDING: 

Luas A = 6 meter x 4 meter = 24 meter persegi

Luas B = 3 meter x 2 meter = 6 meter persegi

Luas total = Luas A + Luas B = 24 meter persegi + 6 meter persegi = 30 meter persegi

Dalam hal ini, luas total persegi panjang adalah 30 meter persegi, yang terdiri dari luas bagian A dan luas bagian B.

Kesimpulan

Menghitung luas persegi panjang tidak sama sisi cukup mudah, yaitu dengan mengalikan panjang dengan lebar. Jika persegi panjang memiliki bagian-bagian yang berbeda ukurannya, maka luas masing-masing bagian bisa dihitung terlebih dahulu dan kemudian dijumlahkan. Sehingga, diharapkan pembaca dapat memahami cara menghitung luas persegi panjang tidak sama sisi dengan baik.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Persegi Panjang Tidak Sama Sisi ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.