Cara Menghitung Luas Persegi Panjang Di C++

Cara Menghitung Luas Persegi Panjang Di C++

Pendahuluan

Persegi panjang adalah sebuah bangun datar dua dimensi yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang serta empat sudut yang sama besar. Luas persegi panjang dapat dihitung dengan menggunakan rumus panjang dikali lebar. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menghitung luas persegi panjang di C++.

Langkah-langkah Menghitung Luas Persegi Panjang Di C++

1. Deklarasikan variabel untuk panjang dan lebar persegi panjang

Sebelum menghitung luas persegi panjang, kita harus terlebih dahulu mendeklarasikan variabel untuk panjang dan lebar persegi panjang. Variabel ini digunakan untuk menyimpan nilai panjang dan lebar persegi panjang yang akan digunakan untuk menghitung luasnya. Berikut adalah contoh kodenya:

“`
float panjang, lebar;
“`

2. Input nilai panjang dan lebar persegi panjang

Setelah variabel dideklarasikan, kita harus menginput nilai panjang dan lebar persegi panjang dari pengguna. Kita dapat menggunakan fungsi cin untuk mengambil nilai dari pengguna dan menyimpannya ke dalam variabel yang telah dideklarasikan. Berikut adalah contoh kodenya:

“`
cout > panjang;

cout > lebar;
“`

3. Hitung luas persegi panjang

Setelah nilai panjang dan lebar persegi panjang diinput, kita dapat menghitung luas persegi panjang dengan menggunakan rumus panjang dikali lebar. Kita dapat menggunakan operasi perkalian (*) untuk mengalikan nilai panjang dan lebar, kemudian menyimpan hasilnya ke dalam sebuah variabel. Berikut adalah contoh kodenya:

“`
float luas = panjang * lebar;
“`

4. Tampilkan hasil perhitungan

Setelah luas persegi panjang dihitung, kita harus menampilkan hasilnya ke layar. Kita dapat menggunakan fungsi cout untuk menampilkan nilai luas yang telah dihitung sebelumnya. Berikut adalah contoh kodenya:

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan Mudah Dan Tepat

“`
cout