Cara Menghitung Luas Daerah Yang Diarsir Pada Persegi Panjang

Cara Menghitung Luas Daerah Yang Diarsir Pada Persegi Panjang

Pendahuluan

Persegi panjang adalah sebuah bangun datar yang memiliki empat sisi, dua diagonal, dan empat sudut yang semuanya berjumlah 360 derajat. Salah satu hal yang sering dilakukan pada persegi panjang adalah menghitung luas daerah yang diarsir. Luas daerah yang diarsir adalah luas daerah persegi panjang dikurangi dengan luas daerah segitiga yang dibentuk oleh dua diagonal dan satu sisi persegi panjang.

Langkah-langkah Menghitung Luas Daerah Yang Diarsir Pada Persegi Panjang

Berikut adalah langkah-langkah yang digunakan dalam menghitung luas daerah yang diarsir pada persegi panjang:

1. Tentukan panjang dan lebar persegi panjang. Contoh, sebuah persegi panjang memiliki panjang 10 cm dan lebar 5 cm.

2. Gunakan rumus luas persegi panjang untuk menghitung luas daerah persegi panjang. Rumus luas persegi panjang adalah panjang dikalikan dengan lebar. Contoh, luas daerah persegi panjang adalah 10 cm x 5 cm = 50 cm².

3. Hitung panjang diagonal persegi panjang dengan menggunakan rumus Pythagoras. Rumus Pythagoras adalah a² + b² = c², di mana a dan b adalah panjang sisi segitiga siku-siku dan c adalah panjang sisi miring segitiga siku-siku. Contoh, jika panjang dan lebar persegi panjang adalah 10 cm dan 5 cm, maka panjang diagonal persegi panjang dapat dihitung sebagai berikut:

– a² + b² = c²
– 10² + 5² = c²
– 100 + 25 = c²
– 125 = c²
– c = akar dari 125
– c = 11,18 cm

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Yang Diarsir Pada Persegi Panjang

4. Hitung luas daerah segitiga yang dibentuk oleh dua diagonal dan satu sisi persegi panjang dengan menggunakan rumus luas segitiga. Rumus luas segitiga adalah 1/2 x alas x tinggi. Contoh, jika panjang diagonal persegi panjang adalah 11,18 cm, maka luas daerah segitiga dapat dihitung sebagai berikut:

– Luas segitiga = 1/2 x 5 cm x 11,18 cm
– Luas segitiga = 27,95 cm²

5. Kurangi luas daerah segitiga dari luas daerah persegi panjang untuk mendapatkan luas daerah yang diarsir. Contoh, jika luas daerah persegi panjang adalah 50 cm² dan luas daerah segitiga adalah 27,95 cm², maka luas daerah yang diarsir adalah 50 cm² – 27,95 cm² = 22,05 cm².

Simulasi Menghitung Luas Daerah Yang Diarsir Pada Persegi Panjang

Berikut adalah contoh simulasi menghitung luas daerah yang diarsir pada persegi panjang:

1. Tentukan panjang dan lebar persegi panjang. Misalnya, panjang = 12 cm dan lebar = 8 cm.

2. Hitung luas daerah persegi panjang. Luas daerah persegi panjang = panjang x lebar. Luas daerah persegi panjang = 12 cm x 8 cm = 96 cm².

3. Hitung panjang diagonal persegi panjang. Gunakan rumus Pythagoras. a² + b² = c², di mana a = 12 cm dan b = 8 cm.

– a² + b² = c²
– 12² + 8² = c²
– 144 + 64 = c²
– 208 = c²
– c = akar dari 208
– c = 14,42 cm

4. Hitung luas daerah segitiga yang dibentuk oleh dua diagonal dan satu sisi persegi panjang. Gunakan rumus luas segitiga. Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi, di mana alas dan tinggi adalah sisi-sisi segitiga yang tidak membentuk diagonal. Misalnya, sisi-sisi segitiga yang tidak membentuk diagonal adalah 8 cm dan 6 cm.

– Luas segitiga = 1/2 x 8 cm x 6 cm
– Luas segitiga = 24 cm²

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Persegi Panjang Yang Diarsir

5. Kurangi luas daerah segitiga dari luas daerah persegi panjang untuk mendapatkan luas daerah yang diarsir. Luas daerah yang diarsir = luas daerah persegi panjang – luas daerah segitiga. Misalnya, luas daerah yang diarsir = 96 cm² – 24 cm² = 72 cm².

Kesimpulan

Menghitung luas daerah yang diarsir pada persegi panjang bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pertama, tentukan panjang dan lebar persegi panjang. Kedua, hitung luas daerah persegi panjang. Ketiga, hitung panjang diagonal persegi panjang dengan menggunakan rumus Pythagoras. Keempat, hitung luas daerah segitiga yang dibentuk oleh dua diagonal dan satu sisi persegi panjang dengan menggunakan rumus luas segitiga. Kelima, kurangi luas daerah segitiga dari luas daerah persegi panjang untuk mendapatkan luas daerah yang diarsir. Dengan mengetahui cara menghitung luas daerah yang diarsir pada persegi panjang, kita bisa menghitung luas daerah yang diarsir pada berbagai bentuk persegi panjang dengan mudah.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Daerah Yang Diarsir Pada Persegi Panjang ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.