6 Cara mempercepat internet di android

6 Cara mempercepat internet di android

bicarafakta.com – Saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Kecepatan internet sangat dibutuhkan oleh penggunanya agar browsing bisa berjalan lancar, menonton video tanpa buffering, bermain game tidak lag dan lain-lain. Memiliki koneksi internet yang lambat adalah hal yang sangat menyebalkan.

Menurunya kecepatan internet bisa disebabkan oleh banyak faktor, contohnya cuaca buruk, sedang ada perbaikan yang dilakukan oleh provider dan masih banyak lagi.
Jika kamu mulai merasakan koneksi internet yang ada di ponselmu mulai lambat, kamu bisa meningkatkan kecepatnya dengan cara berikut ini:

Menggunakan jaringan 4G

Meski saat ini teknologi 5G sudah hadir di Indonesia, namun keberadaannya masih belum menyebar secara merata dan juga masih banyak ponsel yang belum mendukung jaringan 5G. Jadi, menggunakan jaringan 4G merupakan pilihan yang tepat. Untuk mengaktifkannya cukup dengan membuka pengaturan lalu pilih network/jaringan.

Blokir iklan

Saat berselancar di internet menggunakan browser, terkadang banyak sekali iklan yang muncul. Keberadaan iklan tersebut akan membuat koneksi internet menjadi lambat dan Website yang ingin dikunjungi akan terbuka lebih lama karena harus memuat data yang lebih banyak.

Untuk mencegah iklan agar tidak muncul, hal yang harus kamu lakukan yaitu dengan cara memblokirnya. Untuk memblokir iklan kamu bisa menggunakan browser yang sudah memiliki fitur adblock seperti Opera dan UC. Jika browser yang digunakan belum memiliki fitur adblcok, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang diinstal dari google playstore.

Hapus atau nonaktifkan aplikasi

Tiktok dan WhatsApp adalah contoh aplikasi yang selalu terhubung ke internet dan berjalan di latar belakang walaupun kamu tidak membukanya. Menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak terlalu penting akan membuat koneksi internet menjadi lebih cepat dan kinerja ponsel meningkat, karena berkurangnya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Untuk menghapus aplikasi dapat dilakukan dengan cara membuka pengaturan, kemudian pilih app/aplikasi terinstal, selanjutnya pilih aplikasi yang ingin di hapus dari ponsel dan klik Uninstal.

Hapus cache/Sampah

Terlalu sering berselancar di internet dan menggunakan aplikasi akan membuat cache di ponselmu jadi menumpuk dan media penyimpanan menjadi penuh. Memiliki ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang hampir penuh akan membuat kinerja ponsel jadi menurun dan koneksi internet menjadi lambat. Untuk itu, segera untuk menghapus sampah dan file yang tidak berguna dari ponselmu secara manual atau dengan aplikasi bantuan seperti KeepClean, Ccleaner dan masih banyak lagi.

Menggunkan VPN

Selain berguna untuk membuka situs yang di blokir, VPN juga bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan internet di ponselmu dengan cara memilih server yang mempunyai ping rendah atau sinyal yang kuat. Jangan sampai memilih server yang salah dan justru berdampak pada kecepatan internet menjadi semakin jelek. Ada banyak sekali aplikasi VPN yang tersedia di google playstore, mulai dari yang gratis dan ada juga yang premium.
Jika ingin menggunakan VPN, kamu bisa langsung mengunduhnya dari google playstore.

Matikan tethering

Banyak perangkat yang tersambung melalui tethering atau hotspot dari ponselmu, akan membuat kecepatan internet melambat karena badndwithnya harus terbagi. Untuk mempercepat internet, kamu harus matikan tethering agar jaringan internet tetap fokus di ponselmu dan tidak terbagi bandwithnya.

Nah, itulah 6 cara mempercepat internet di Android. Banyak sekali faktor yang membuat kecepatan internet menjadi lambat, salah satunya adalah kualitas sinyal yang kurang baik. Untuk menggunakan tutorial diatas, pastikan ponselmu memiliki sinyal yang bagus.