東京 演歌 歌詞

Pendahuluan

Tokyo adalah kota metropolitan yang terkenal di seluruh dunia sebagai salah satu pusat kebudayaan dan hiburan terbesar di Asia. Salah satu aspek kebudayaan Jepang yang populer adalah musik tradisionalnya, termasuk genre musik enka. Enka adalah genre musik Jepang yang populer pada tahun 1960-an dan masih digemari oleh banyak orang hingga sekarang. Enka biasanya dinyanyikan dengan suara merdu yang khas dan lirik yang menggugah perasaan. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang lirik enka yang populer di Tokyo.

1. Apa itu Enka?

Enka adalah genre musik Jepang yang berasal dari periode Meiji (1868-1912) dan mulai populer pada tahun 1960-an. Enka merupakan kombinasi dari musik tradisional Jepang dengan pengaruh musik barat dan populer. Musik enka biasanya dinyanyikan dengan suara merdu dan lirik yang menggugah perasaan. Enka sering kali dikaitkan dengan perasaan nostalgia dan kesedihan, dan sering kali mengisahkan kisah cinta yang tragis.

2. Sejarah Enka

Enka berasal dari musik tradisional Jepang seperti minyo dan kabuki. Minyo adalah lagu rakyat Jepang yang berasal dari daerah-daerah di seluruh Jepang, sedangkan kabuki adalah bentuk teater tradisional Jepang. Enka mulai populer pada tahun 1960-an dan berkembang pesat selama periode pasca-perang di Jepang. Enka menjadi sangat populer di kalangan kelas pekerja dan orang-orang yang memiliki pengalaman hidup yang sulit. Enka sering dikaitkan dengan perasaan nostalgia dan kesedihan, dan sering kali mengisahkan kisah cinta yang tragis.

3. Tokoh Terkenal Enka

Ada banyak penyanyi enka terkenal di Jepang, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun. Berikut beberapa di antaranya:

1. Hibari Misora
Hibari Misora adalah penyanyi enka terkenal yang aktif pada tahun 1950-an dan 1960-an. Ia dikenal sebagai ratu enka dan merupakan salah satu ikon budaya populer di Jepang.

2. Ichiro Mizuki
Ichiro Mizuki adalah penyanyi enka yang terkenal sebagai penyanyi lagu tema anime. Ia dikenal sebagai raja anisong karena banyak menyanyikan lagu tema anime yang populer.

3. Sayuri Ishikawa
Sayuri Ishikawa adalah penyanyi enka terkenal yang masih aktif hingga sekarang. Ia dikenal sebagai dewi enka karena suaranya yang merdu dan lirik-lirik lagunya yang menggugah perasaan.

4. Lirik Enka

Lirik enka biasanya mengisahkan kisah cinta yang tragis atau kehidupan yang sulit, dan sering kali dikaitkan dengan perasaan nostalgia dan kesedihan. Beberapa lirik enka yang populer di Tokyo antara lain:

1. 真赤な太陽 (Makkana Taiyo)
Lirik:
真赤な太陽が 日が暮れる前に
涙の本当の理由 教えてくれた
あの人との恋は もう終わってしまったけれど
あなたがいてくれたら 全てがよかったのに

Artinya:
Sebelum matahari merah terbenam
Dia memberi tahu alasan sebenarnya untuk air mata
Cinta bersama dia sudah berakhir
Semuanya akan baik-baik saja jika kamu ada di sini

2. 涙そうそう (Namida Sousou)
Lirik:
あなたが好きで 好きでたまらない
こんな私でも 愛してくれるの?
もしもしもしもし 届かない想い
あなたにあげたい 愛の言葉

Artinya:
Saya sangat sangat mencintaimu
Akankah kamu mencintaiku seperti aku padamu?
Pikiranku yang tak tersampaikan
Kata-kata cinta yang ingin aku berikan padamu

3. 紅葉 (Koyo)
Lirik:
紅葉に染まる あの丘を登り
あなたと二人で 手を取り合って
来年もまた この季節が来る頃には
あなたとこの場所で 再会できるのかな

Artinya:
Naik ke bukit yang berubah warna
Berjalan tangan dalam tangan bersamamu
Akan aku bertemu denganmu lagi
Di tempat ini saat musim gugur tiba tahun depan

Kesimpulan

Enka adalah genre musik Jepang yang populer di Tokyo dan masih digemari oleh banyak orang hingga sekarang. Enka memiliki ciri khas dalam suara merdu yang khas dan lirik yang menggugah perasaan. Lirik enka sering kali mengisahkan kisah cinta yang tragis atau kehidupan yang sulit, dan sering kali dikaitkan dengan perasaan nostalgia dan kesedihan. Ada banyak penyanyi enka terkenal di Jepang, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun. Tokoh-tokoh terkenal enka seperti Hibari Misora, Ichiro Mizuki, dan Sayuri Ishikawa telah memberikan kontribusi besar dalam mempopulerkan enka di Jepang.