Kenali Jenis Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Kesehatan Dec 10, 2015 No Comments

Saat kita berbicara tentang masalah pada ginjal, tentu yang terbayang adalah proses cuci darah atau hemodialisis yang wajib dilakukan oleh penderita penyakit ini secara rutin dan tidak boleh terlambat. Sebelum lebih jauh membahas tentang penyakit ginjal dan penyebabnya, maka perlu diketahui bahwa gangguan pada ginjal ini sebenarnya terjadi akibat dari pola hidup seseorang yang tidak mengindahkan kesehatan pribadinya sendiri. Ketika seseorang tidak mengindahkan kesehatannya sejak dini dengan berprilaku tidak sehat, maka organ-organ dalam tubuhnya lama-lama akan mengalami keausan termasuk ginjal ini.

Pada dasarnya penyakit organ satu ini dibedakan menjadi dua, yaitu penyakit ginjal kronis dan juga ginjal akut. Untuk gangguan ginjal akut, proses terjadinya sangatlah cepat dan langsung mempengaruhi kondisi pasien secara drastis. Biasanya gangguan ini disebabkan oleh :

  • Konsumsi obat dalam dosis tinggi yang tidak mampu diatasi oleh ginjal. Beberapa obat seperti pereda nyeri serta obat untuk penderita kanker, mempunyai dosis yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan gangguan akut ini.
  • Dehidrasi atau kurang minum yang berlebihan, akan mengakibatkan organ ini mengalami fungsi yang drastis. Biasakan untuk mengkonsumsi air putih secara rutin untuk mengatasi gejala seperti ini.
  • Sumbatan pada saluran kencing sehingga mengakibatkan urine yang seharusnya dibuang kembali masuk lagi ke ginjal.

Selanjutnya mengenai penyakit ginjal serta penyebabnya adalah gangguan ginjal yang bersifat kronis. Adapun beberapa penyebabnya adalah :

  1. Adanya penyakit lain yang telah lama bersarang pada tubuh pasien sehingga lama kelamaan mempengaruhi fungsi organ ini. Beberapa contoh penyakit tersebut seperti diabetes, darah tinggi, radang pada ginjal dan lainnya.
  2. Karena faktor keturunan, biasanya terjadi karena salah satu gen orang tua memang memiliki riwayat tentang gangguan organ ini sehingga terbawa pada keturunan selanjutnya.

Satu hal yang perlu diingat ketika seseorang sudah di diagnosis mengalami kelainan pada ginjalnya adalah segera melakukan perubahan pola hidup yang lebih sehat. Mulai dari perilakunya sehari-hari hingga pada asupan makanan apa saja yang dikonsumsinya harus dijaga agar kemampuan organ satu ini tidak semakin menurun. Jadi mulai saat ini jangan remehkan penyakit ginjal dan penyebabnya sebelum Anda terlambat menanganinya nanti.

Hudzaifah Djiddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *