Rahasia Menghitung Rumus Rubik Ikan Untuk Pemula: Langkah Demi Langkah

Rumus Rubik Ikan: Cara Mudah Menyelesaikan Rubik Ikan

Rubik Ikan atau disebut juga dengan Rubik Mirror merupakan salah satu jenis Rubik yang cukup populer di kalangan penggemar permainan Rubik. Rubik Ikan memiliki tampilan yang unik dan menarik dengan bentuk yang mirip dengan ikan jika dilihat dari samping. Namun, meskipun terlihat unik, menyelesaikan Rubik Ikan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemula.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menyelesaikan Rubik Ikan, tidak perlu khawatir karena ada banyak rumus dan teknik yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang salah satu rumus Rubik Ikan yang cukup populer yaitu rumus CFOP.

CFOP: Rumus Rubik Ikan yang Efektif

bentuk ikan langsung jadi sempurna

CFOP adalah singkatan dari Cross, F2L, OLL, dan PLL. CFOP merupakan salah satu rumus Rubik yang paling efektif dan banyak digunakan oleh para ahli Rubik. Dalam rumus ini, kita akan memecah permasalahan menyelesaikan Rubik Ikan menjadi beberapa langkah yang lebih sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam rumus CFOP:

1. Cross

Langkah pertama dalam rumus CFOP adalah membuat cross pada Rubik Ikan. Cross adalah susunan kubus pada Rubik Ikan yang terdiri dari empat kubus yang membentuk sebuah persegi. Cara membuat cross pada Rubik Ikan adalah sebagai berikut:

– Pilih satu sisi Rubik Ikan yang akan dibuat cross-nya.
– Cari kubus di sisi Rubik yang bersebrangan dengan sisi yang telah dipilih. Kubus ini akan menjadi kubus pertama yang akan digunakan untuk membuat cross.
– Putar sisi Rubik yang bersebrangan tersebut sehingga kubus pertama berada di belakang Rubik Ikan.
– Cari kubus di sisi Rubik yang sama dengan kubus pertama yang memiliki warna yang sama dengan kubus pertama.
– Putar sisi Rubik yang sama dengan kubus pertama sehingga kubus kedua berada di belakang Rubik Ikan.
– Lakukan langkah 4 dan 5 untuk dua kubus lainnya hingga semua kubus membentuk sebuah persegi.

TRENDING:  Rumus Ikan Rubik: Cara Mudah Menyelesaikan Kubus Ikan Dengan Teknik Terbaru

Setelah berhasil membuat cross, langkah selanjutnya adalah memasukkan empat kubus sisanya pada setiap sisi Rubik Ikan. Langkah ini disebut sebagai F2L.

2. F2L

F2L adalah singkatan dari First Two Layers. Langkah ini bertujuan untuk memasukkan empat kubus sisanya pada setiap sisi Rubik Ikan. F2L terdiri dari 42 algoritma yang dapat dipelajari untuk memudahkan pemecahan Rubik Ikan. Namun, bagi pemula, langkah-langkah berikut ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan F2L:

– Pilih satu kubus pada sisi Rubik Ikan yang ingin ditempatkan pada layer pertama.
– Putar sisi Rubik yang bersebrangan dengan kubus tersebut sehingga kubus tersebut berada di atas sisi yang ingin dicocokkan.
– Cari kubus di sisi Rubik yang sama dengan kubus yang ingin dicocokkan yang memiliki warna yang sama dengan kubus di atas sisi lainnya.
– Putar sisi Rubik yang sama dengan kubus yang ingin dicocokkan sehingga kubus tersebut berada di atas sisi yang ingin dicocokkan.
– Tempatkan kubus di atas sisi tersebut dan putar sisi Rubik yang bersebrangan dengan kubus tersebut untuk melanjutkan ke kubus selanjutnya.

Ulangi langkah-langkah di atas untuk tiga kubus sisanya hingga empat kubus pada setiap sisi Rubik Ikan telah terisi.

Setelah berhasil memasukkan empat kubus pada setiap sisi Rubik Ikan, langkah selanjutnya adalah melakukan OLL.

3. OLL

OLL adalah singkatan dari Orientation of the Last Layer. Langkah ini bertujuan untuk membuat seluruh kubus pada lapisan terakhir memiliki orientasi yang benar. OLL terdiri dari 57 algoritma yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, OLL dilakukan dengan cara melihat pola pada Rubik Ikan dan mencari algoritma yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa pola pada OLL yang sering muncul pada Rubik Ikan:

TRENDING:  Rumus Ikan Rubik: Cara Mudah Menyelesaikan Kubus Ikan Dengan Teknik Terbaru

– Dot
– Line
– L-shape
– Square
– P-shape
– W-shape

Setelah berhasil melakukan OLL, langkah terakhir dalam rumus CFOP adalah melakukan PLL.

4. PLL

PLL adalah singkatan dari Permutation of the Last Layer. Langkah ini bertujuan untuk memperbaiki posisi kubus pada lapisan terakhir sehingga Rubik Ikan dapat diselesaikan. PLL terdiri dari 21 algoritma yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, PLL dilakukan dengan cara mencari pola pada Rubik Ikan dan mencari algoritma yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa pola pada PLL yang sering muncul pada Rubik Ikan:

– H-shape
– Z-shape
– T-shape
– U-shape
– A-shape
– R-shape

Setelah berhasil melakukan PLL, maka Rubik Ikan telah berhasil diselesaikan.

Kesimpulan

Rumus CFOP adalah salah satu rumus Rubik Ikan yang paling efektif dan banyak digunakan oleh para ahli Rubik. CFOP memecah permasalahan menyelesaikan Rubik Ikan menjadi beberapa langkah yang lebih sederhana yaitu Cross, F2L, OLL, dan PLL. Dalam CFOP, terdapat banyak algoritma yang harus dipelajari untuk dapat mengatasi setiap permasalahan pada Rubik Ikan. Namun, dengan latihan yang cukup, maka setiap orang dapat menguasai rumus CFOP dan menyelesaikan Rubik Ikan dengan mudah.