Cara Mudah Membuat Persentase Di Excel Dengan 100% Akurat

Membuat Persentase Di Excel

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi spreadsheet yang paling populer dan sering digunakan di seluruh dunia. Dalam aplikasi ini, terdapat banyak fitur dan fungsi yang bisa digunakan untuk membantu mempermudah pengolahan data dan informasi. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah membuat persentase di Excel.

Ragam Cara Menghitung Persentase di Excel yang Mudah dan Cepat

Persentase adalah suatu nilai yang dinyatakan dalam bentuk angka dengan satuan persen (%). Nilai persentase ini sering digunakan untuk menunjukkan presentase perubahan, presentase keuntungan, atau persentase kemajuan dalam proyek atau pekerjaan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara membuat persentase di Excel dengan mudah dan cepat.

1. Menentukan Data yang Akan Dihitung Persentasenya

Langkah pertama dalam membuat persentase di Excel adalah menentukan data yang akan dihitung persentasenya. Data ini bisa berupa angka atau nilai lainnya yang ingin dihitung persentasenya. Misalnya, jika Anda ingin menghitung persentase keuntungan pada sebuah proyek, maka data yang akan dihitung persentasenya adalah jumlah keuntungan tersebut.

2. Menghitung Persentase dengan Rumus

Langkah kedua dalam membuat persentase di Excel adalah menghitung persentase dengan rumus. Dalam Excel, terdapat beberapa rumus yang bisa digunakan untuk menghitung persentase, di antaranya adalah:

a. Rumus Persentase Sederhana

Rumus persentase sederhana adalah rumus yang digunakan untuk menghitung persentase dari dua angka. Rumus ini sangat mudah dan cepat digunakan. Caranya adalah dengan mengalikan angka yang ingin dihitung persentasenya dengan angka 100, kemudian dibagi dengan angka totalnya.

Contoh: Anda ingin menghitung persentase keuntungan pada sebuah proyek, di mana jumlah keuntungan adalah Rp 50.000.000 dan total pengeluaran adalah Rp 100.000.000. Maka rumus persentase sederhana yang bisa digunakan adalah:

TRENDING:  Cara Menghitung Persentase Dengan Tepat Menggunakan Excel

(Persentase Keuntungan) = (Jumlah Keuntungan / Total Pengeluaran) x 100%

= (50.000.000 / 100.000.000) x 100%

= 50%

Dengan menggunakan rumus persentase sederhana ini, Anda bisa menghitung persentase keuntungan pada proyek tersebut dengan mudah dan cepat.

b. Rumus Persentase Perubahan

Rumus persentase perubahan adalah rumus yang digunakan untuk menghitung perubahan persentase dari dua angka. Rumus ini sangat berguna untuk menunjukkan perubahan persentase dalam suatu proyek atau pekerjaan.

Contoh: Anda ingin menghitung perubahan persentase pada penjualan di suatu bulan, di mana penjualan pada bulan sebelumnya adalah Rp 100.000.000 dan penjualan pada bulan ini adalah Rp 150.000.000. Maka rumus persentase perubahan yang bisa digunakan adalah:

(Persentase Perubahan) = [(Nilai Baru – Nilai Lama) / Nilai Lama] x 100%

= [(150.000.000 – 100.000.000) / 100.000.000] x 100%

= 50%

Dengan menggunakan rumus persentase perubahan ini, Anda bisa menghitung perubahan persentase pada penjualan dengan mudah dan cepat.

3. Menambahkan Format Persentase

Setelah menghitung persentase dengan rumus, langkah selanjutnya adalah menambahkan format persentase. Dalam Excel, ada dua cara untuk menambahkan format persentase, yaitu:

a. Menggunakan Tombol Format Persentase

Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol format persentase. Caranya adalah dengan memilih sel atau range sel yang ingin diberi format persentase, kemudian klik tombol format persentase di toolbar atau ribbon.

Setelah itu, pilih kategori persentase, lalu pilih jenis format persentase yang diinginkan. Terakhir, klik OK untuk menambahkan format persentase pada sel atau range sel yang dipilih.

b. Menggunakan Format Sel

Cara kedua adalah dengan menggunakan format sel. Caranya adalah dengan memilih sel atau range sel yang ingin diberi format persentase, kemudian klik kanan pada sel atau range sel tersebut, lalu pilih Format Sel.

TRENDING:  Cara Menghitung Persen Dengan Mudah Di Excel: Panduan Lengkap Dan Akurat

Setelah itu, pilih kategori Angka, lalu pilih jenis format persentase yang diinginkan. Terakhir, klik OK untuk menambahkan format persentase pada sel atau range sel yang dipilih.

4. Menambahkan Label Persentase

Langkah terakhir dalam membuat persentase di Excel adalah menambahkan label persentase. Label ini berguna untuk menjelaskan persentase yang dihitung, sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna.

Cara menambahkan label persentase adalah dengan mengetikkan teks label pada sel yang kosong di sebelah persentase yang telah dihitung. Setelah itu, gunakan fitur format sel untuk mengubah format teks menjadi teks cetak tebal atau teks cetak miring, agar lebih mudah dibedakan dengan angka persentase.

Contoh: Anda ingin menambahkan label persentase pada hasil perhitungan persentase keuntungan pada proyek. Caranya adalah dengan mengetikkan teks Persentase Keuntungan pada sel kosong di sebelah hasil perhitungan persentasenya, kemudian gunakan fitur format sel untuk mengubah format teks menjadi teks cetak tebal.

Kesimpulan

Membuat persentase di Excel sangat mudah dan cepat. Langkah-langkahnya adalah menentukan data yang akan dihitung persentasenya, menghitung persentase dengan rumus, menambahkan format persentase, dan menambahkan label persentase. Dengan memahami cara membuat persentase di Excel, Anda bisa mengolah data dan informasi dengan lebih efektif dan efisien.