Cara Menghitung Skala Nonius Jangka Sorong

Cara Menghitung Skala Nonius Jangka Sorong

Pendahuluan

Jangka sorong adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak, kedalaman, dan ketebalan benda dengan tingkat akurasi yang tinggi. Salah satu bagian penting dari jangka sorong adalah skala nonius, yang digunakan untuk membaca hasil pengukuran dengan akurasi tambahan. Skala nonius adalah skala yang terdapat pada jangka sorong yang digunakan untuk membaca hasil pengukuran dengan akurasi tambahan. Pada artikel ini, akan dijelaskan dengan mendalam tentang cara menghitung skala nonius jangka sorong.

Langkah-langkah Menghitung Skala Nonius Jangka Sorong

Langkah pertama dalam menghitung skala nonius jangka sorong adalah menentukan ukuran benda yang diukur dengan menggunakan jangka sorong. Untuk mengukur benda, geserlah jangka sorong ke arah benda hingga kedua ujung jangka sorong berdekatan dengan benda.

Setelah itu, baca angka pada skala utama jangka sorong, yaitu angka yang berada pada sejajar dengan terakhir dari skala nonius. Contohnya, jika terakhir dari skala nonius berada pada angka 8, maka baca angka pada skala utama yang berada pada sejajar dengan angka 8 pada skala nonius.

Selanjutnya, baca angka pada skala nonius jangka sorong. Skala nonius terdiri dari beberapa bagian, yang masing-masing bagian memiliki angka yang berbeda. Cari bagian skala nonius yang sejajar dengan skala utama yang telah dibaca pada langkah sebelumnya. Baca angka pada bagian tersebut yang berada paling dekat dengan skala utama. Contohnya, jika skala utama dibaca pada angka 8 dan skala nonius terdiri dari 10 bagian, maka carilah bagian yang sejajar dengan angka 8 pada skala utama dan baca angka pada bagian tersebut.

TRENDING:  Cara Menghitung Skala Nonius Dan Skala Utama

Kemudian, hitunglah selisih angka antara angka pada skala utama dengan angka pada skala nonius yang telah dibaca pada langkah sebelumnya. Contohnya, jika skala utama dibaca pada angka 8 dan skala nonius dibaca pada angka 3, maka selisih angka adalah 0,3.

Terakhir, tambahkan selisih angka yang telah dihitung pada langkah sebelumnya pada angka yang telah dibaca pada skala utama. Contohnya, jika skala utama dibaca pada angka 8 dan selisih angka yang dihitung adalah 0,3, maka hasil pengukuran adalah 8,3.

Contoh Lain dalam Menghitung Skala Nonius Jangka Sorong

Sebagai contoh lain, jika skala utama dibaca pada angka 6 dan skala nonius terdiri dari 20 bagian, maka untuk menghitung skala nonius, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Baca angka pada skala utama yang sejajar dengan terakhir dari skala nonius. Jika terakhir dari skala nonius berada pada angka 2, maka baca angka pada skala utama yang sejajar dengan angka 2 pada skala nonius. Pada contoh ini, angka pada skala utama yang dibaca adalah 6.

2. Baca angka pada skala nonius yang berada paling dekat dengan skala utama. Cari bagian skala nonius yang sejajar dengan skala utama yang telah dibaca pada langkah pertama, lalu baca angka pada bagian tersebut yang berada paling dekat dengan skala utama. Pada contoh ini, angka pada skala nonius yang dibaca adalah 12.

3. Hitung selisih antara angka pada skala utama dengan angka pada skala nonius yang telah dibaca pada langkah sebelumnya. Pada contoh ini, selisih angka adalah 0,2.

4. Tambahkan selisih angka yang telah dihitung pada langkah sebelumnya pada angka yang telah dibaca pada skala utama. Pada contoh ini, hasil pengukuran adalah 6,2.

TRENDING:  Cara Menghitung Skala Pada Jangka Sorong

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan dengan mendalam tentang cara menghitung skala nonius jangka sorong. Langkah-langkahnya meliputi menentukan ukuran benda yang diukur dengan menggunakan jangka sorong, membaca angka pada skala utama dan skala nonius, menghitung selisih angka, dan menambahkan selisih angka pada angka pada skala utama. Dengan mengetahui cara menghitung skala nonius jangka sorong, kita dapat mengukur benda dengan akurasi yang tinggi.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Skala Nonius Jangka Sorong ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.