Cara Menghitung Skala Jarak Pada Peta

Cara Menghitung Skala Jarak Pada Peta

Pengertian Skala Jarak Pada Peta

Sebelum membahas cara menghitung skala jarak pada peta, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan skala jarak pada peta. Skala jarak pada peta adalah perbandingan antara jarak sebenarnya di bumi dengan jarak pada peta.

Nilai skala jarak pada peta biasanya ditampilkan dalam bentuk rasio, yaitu perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di bumi. Misalnya, skala peta 1:10.000 berarti bahwa 1 cm pada peta adalah sama dengan 10.000 cm atau 100 meter di bumi.

Cara Menghitung Skala Jarak Pada Peta

Berikut ini adalah langkah-langkah yang digunakan untuk menghitung skala jarak pada peta:

1. Pastikan Anda memiliki peta yang akan dihitung skala jaraknya.
2. Ukur jarak antara dua titik pada peta yang ingin Anda hitung.
3. Konversi ukuran jarak pada peta ke dalam satuan yang sama dengan satuan pada jarak sebenarnya di bumi. Misalnya, jika jarak pada peta diukur dalam sentimeter dan satuan jarak pada bumi adalah meter, maka konversi ukuran jarak pada peta dari sentimeter ke meter.
4. Hitung nilai skala jarak pada peta dengan membagi jarak sebenarnya di bumi dengan jarak pada peta yang sudah dikonversi ke dalam satuan yang sama. Misalnya, jika jarak pada peta yang telah dikonversi adalah 5 kilometer, maka hitung skala peta dengan rumus: 1 cm pada peta = 5.000 meter di bumi, maka skala peta adalah 1:50.000.

TRENDING:  Cara Menghitung Skala Dan Jarak Sebenarnya

Contoh Penghitungan Skala Jarak Pada Peta

Sebagai contoh, Anda memiliki peta yang menunjukkan jarak antara dua kota yaitu A dan B sejauh 8 cm. Anda ingin mengetahui jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut. Anda tahu bahwa jarak pada peta diukur dalam sentimeter dan satuan jarak pada bumi adalah kilometer.

Langkah-langkah penghitungan sebagai berikut:

1. Ukur jarak antara kota A dan B pada peta, hasilnya adalah 8 cm.
2. Konversi ukuran jarak pada peta dari sentimeter ke kilometer dengan membagi hasil pengukuran dengan 100. Dalam hal ini, 8 cm / 100 = 0,08 km.
3. Hitung skala jarak pada peta dengan membagi jarak sebenarnya di bumi dengan jarak pada peta yang sudah dikonversi ke dalam satuan yang sama. Misalnya, Anda tahu bahwa jarak sebenarnya antara kota A dan B adalah 50 km. Maka, skala peta adalah 1 cm pada peta = 50 km di bumi, atau 1:5.000.000.

Kesimpulan

Menghitung skala jarak pada peta bisa menjadi hal yang cukup mudah jika Anda mengetahui langkah-langkahnya. Skala jarak pada peta adalah perbandingan antara jarak sebenarnya di bumi dengan jarak pada peta. Untuk menghitung skala jarak pada peta, Anda perlu mengukur jarak pada peta, mengkonversi ukuran jarak pada peta ke dalam satuan yang sama dengan satuan jarak pada bumi, dan menghitung nilai skala jarak pada peta dengan membagi jarak sebenarnya di bumi dengan jarak pada peta yang sudah dikonversi ke dalam satuan yang sama.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Skala Jarak Pada Peta ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.