Cara Menghitung Pembagian Dan Perkalian Pecahan

Cara Menghitung Pembagian Dan Perkalian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang dinyatakan dalam bentuk bagian dari suatu bilangan bulat. Pecahan memiliki tiga komponen yaitu pembilang, penyebut, dan garis pecahan. Pembilang adalah bilangan yang berada di atas garis pecahan, penyebut adalah bilangan yang berada di bawah garis pecahan, dan garis pecahan memisahkan antara pembilang dan penyebut.

Ada dua operasi dasar dalam aritmetika pecahan yaitu pembagian dan perkalian. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung pembagian dan perkalian pecahan.

Cara Menghitung Pembagian Pecahan

Untuk menghitung pembagian pecahan, terlebih dahulu pecahan harus dinyatakan dalam bentuk yang sama. Caranya adalah dengan mencari kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari penyebut, kemudian memperbesar pembilang dan penyebut sehingga pecahan tersebut memiliki penyebut yang sama. Setelah itu, pembagian dapat dilakukan dengan membagi pembilang pecahan pertama dengan pembilang pecahan kedua dan mengalikan penyebut pecahan pertama dengan penyebut pecahan kedua.

Contoh:

1/2 : 1/3

Langkah pertama adalah mencari KPK dari 2 dan 3, yaitu 6. Kemudian, memperbesar pecahan pertama dengan mengalikan pembilang dan penyebutnya dengan 3, sehingga menjadi 3/6. Pecahan kedua telah memiliki penyebut 6, sehingga tidak perlu diubah. Akhirnya, pembagian dapat dilakukan dengan membagi pembilang pecahan pertama (3) dengan pembilang pecahan kedua (1) dan mengalikan penyebut pecahan pertama (6) dengan penyebut pecahan kedua (3), sehingga hasilnya adalah:

1/2 : 1/3 = 3/6 : 2/6 = (3/6) x (6/2) = 9/12 = 3/4

TRENDING:  Cara Menghitung Pembagian Pecahan Campuran

Cara Menghitung Perkalian Pecahan

Untuk menghitung perkalian pecahan, cukup mengalikan pembilang pecahan pertama dengan pembilang pecahan kedua dan penyebut pecahan pertama dengan penyebut pecahan kedua. Setelah itu, hasil perkalian tersebut dapat disederhanakan dengan mencari pembilang dan penyebut yang memiliki faktor persekutuan terbesar (FPB) yang sama, dan membagi keduanya dengan FPB tersebut.

Contoh:

2/3 x 3/4

Perkalian dapat dilakukan dengan mengalikan pembilang 2 dengan pembilang 3 dan penyebut 3 dengan penyebut 4, sehingga hasilnya adalah:

2/3 x 3/4 = (2 x 3) / (3 x 4) = 6/12

Untuk menyederhanakan hasil perkalian tersebut, kita mencari FPB dari 6 dan 12, yang adalah 6. Kemudian, membagi pembilang dan penyebut dengan 6, sehingga hasil akhirnya adalah:

2/3 x 3/4 = 6/12 = 1/2

Kesimpulan

Pembagian dan perkalian pecahan adalah operasi dasar dalam aritmetika pecahan. Untuk menghitung pembagian pecahan, pecahan harus dinyatakan dalam bentuk yang sama, kemudian pembagian dapat dilakukan dengan membagi pembilang pecahan pertama dengan pembilang pecahan kedua dan mengalikan penyebut pecahan pertama dengan penyebut pecahan kedua. Sedangkan untuk menghitung perkalian pecahan, cukup mengalikan pembilang pecahan pertama dengan pembilang pecahan kedua dan penyebut pecahan pertama dengan penyebut pecahan kedua, lalu menyederhanakan hasil perkalian dengan mencari FPB. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menghitung pembagian dan perkalian pecahan dengan mudah.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Pembagian Dan Perkalian Pecahan di BicaraFakta.com. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.