Cara Menghitung Operasi Pecahan Campuran

Cara Menghitung Operasi Pecahan Campuran

Pengertian Pecahan Campuran

Sebelum membahas tentang cara menghitung operasi pecahan campuran, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu pecahan campuran. Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 2 3/4, yang artinya terdapat 2 bilangan bulat dan 3/4 pecahan.

Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran

Langkah pertama dalam menghitung operasi pecahan campuran adalah dengan menjumlahkan dua atau lebih pecahan campuran. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut dan menambahkannya pada pembilang. Misalnya, 2 3/4 dapat diubah menjadi 11/4 dengan melakukan perhitungan 2 x 4 + 3 = 11.

2. Jumlahkan pecahan biasa yang diperoleh pada langkah pertama. Misalnya, jika kita ingin menjumlahkan 2 3/4 dengan 1 1/2, maka kita perlu mengubah kedua pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. 2 3/4 menjadi 11/4 dan 1 1/2 menjadi 3/2. Selanjutnya, kita dapat menjumlahkan 11/4 dengan 3/2, yang hasilnya adalah 17/4.

3. Ubah pecahan campuran kembali dari pecahan biasa. Caranya adalah dengan membagi pembilang dengan penyebut. Misalnya, 17/4 dapat diubah menjadi 4 1/4 dengan melakukan perhitungan 17 : 4 = 4 sisa 1.

Maka, hasil penjumlahan 2 3/4 dan 1 1/2 adalah 4 1/4.

Cara Mengurangi Pecahan Campuran

Selanjutnya, kita akan membahas tentang cara mengurangi pecahan campuran. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Caranya sama seperti pada langkah pertama dalam penjumlahan pecahan campuran.

2. Kurangkan pecahan biasa yang diperoleh pada langkah pertama. Misalnya, jika kita ingin mengurangi 2 3/4 dengan 1 1/2, maka kita perlu mengubah kedua pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. 2 3/4 menjadi 11/4 dan 1 1/2 menjadi 3/2. Selanjutnya, kita dapat mengurangkan 11/4 dengan 3/2, yang hasilnya adalah 5/4.

TRENDING:  Cara Menghitung Operasi Hitung Pecahan

3. Ubah pecahan campuran kembali dari pecahan biasa. Caranya sama seperti pada langkah ketiga dalam penjumlahan pecahan campuran.

Maka, hasil pengurangan 2 3/4 dengan 1 1/2 adalah 1 1/4.

Cara Mengalikan Pecahan Campuran

Langkah-langkah mengalikan pecahan campuran adalah sebagai berikut:

1. Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Caranya sama seperti pada langkah pertama dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.

2. Kalikan pecahan biasa yang diperoleh pada langkah pertama. Misalnya, jika kita ingin mengalikan 2 3/4 dengan 1 1/2, maka kita perlu mengubah kedua pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. 2 3/4 menjadi 11/4 dan 1 1/2 menjadi 3/2. Selanjutnya, kita dapat mengalikan 11/4 dengan 3/2, yang hasilnya adalah 33/8.

3. Ubah pecahan campuran kembali dari pecahan biasa. Caranya sama seperti pada langkah ketiga dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.

Maka, hasil perkalian 2 3/4 dengan 1 1/2 adalah 4 1/8.

Cara Membagi Pecahan Campuran

Langkah-langkah membagi pecahan campuran adalah sebagai berikut:

1. Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Caranya sama seperti pada langkah pertama dalam penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pecahan campuran.

2. Bagikan pecahan biasa yang diperoleh pada langkah pertama. Misalnya, jika kita ingin membagi 2 3/4 dengan 1 1/2, maka kita perlu mengubah kedua pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. 2 3/4 menjadi 11/4 dan 1 1/2 menjadi 3/2. Selanjutnya, kita dapat membagi 11/4 dengan 3/2, yang hasilnya adalah 22/12.

3. Ubah pecahan campuran kembali dari pecahan biasa. Caranya sama seperti pada langkah ketiga dalam penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pecahan campuran.

Maka, hasil pembagian 2 3/4 dengan 1 1/2 adalah 1 5/6.

Kesimpulan

Menghitung operasi pecahan campuran memerlukan beberapa langkah yang perlu dipahami dengan baik. Langkah-langkah tersebut meliputi mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, melakukan operasi aritmatika pada pecahan biasa, dan mengubah kembali pecahan biasa menjadi pecahan campuran. Dengan memahami langkah-langkah tersebut, diharapkan pembaca dapat menghitung operasi pecahan campuran dengan mudah dan akurat.

TRENDING:  Cara Menghitung Operasi Hitung Pecahan Campuran

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Operasi Pecahan Campuran ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.