Cara Menghitung Luas Tanah Segi Empat Tidak Beraturan

Cara Menghitung Luas Tanah Segi Empat Tidak Beraturan

Tanah segi empat tidak beraturan adalah jenis tanah yang tidak memiliki bentuk atau sudut yang sama. Hal ini sering kali membuat orang bingung dalam menghitung luas tanah tersebut. Namun, dengan beberapa langkah yang tepat, kita bisa menghitung luas tanah segi empat tidak beraturan dengan mudah.

Langkah-langkah Menghitung Luas Tanah Segi Empat Tidak Beraturan

Sebelum memulai menghitung luas tanah segi empat tidak beraturan, pastikan untuk mendapatkannya secara detail. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

1. Tentukan Titik-Titik Sudut Tanah

Pertama-tama, tentukan titik-titik sudut tanah. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengukur seperti meteran atau pita pengukur. Pastikan untuk mencatat setiap titik sudut tersebut dalam sebuah daftar atau gambar.

2. Gabungkan Titik-Titik Sudut

Setelah mendapatkan semua titik sudut, gambarlah titik-titik tersebut dalam sebuah gambar. Kemudian, hubungkan setiap titik sudut tersebut dengan garis lurus. Hal ini akan membentuk sebuah poligon yang merupakan bentuk dari tanah segi empat tidak beraturan.

3. Hitung Luas Setiap Bagian Poligon

Setelah mendapatkan poligon yang membentuk tanah segi empat tidak beraturan, bagi poligon tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Kemudian, hitunglah luas dari setiap bagian poligon tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan rumus dasar matematika seperti luas segitiga dan luas persegi panjang.

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Tanah Yang Tidak Persegi

4. Jumlahkan Semua Luas Bagian Poligon

Setelah menghitung luas setiap bagian poligon, jumlahkan semua luas tersebut. Dengan demikian, kita akan mendapatkan luas tanah segi empat tidak beraturan secara keseluruhan.

Contoh Penghitungan Luas Tanah Segi Empat Tidak Beraturan

Sebagai contoh, mari kita menghitung luas tanah segi empat tidak beraturan seperti pada gambar berikut:

Dalam contoh ini, kita memiliki empat titik sudut yaitu A, B, C, dan D. Setelah menggambar poligon yang membentuk tanah segi empat tidak beraturan, kita membagi poligon tersebut menjadi dua bagian yaitu segitiga ABC dan segitiga ACD. Kemudian, kita dapat menghitung luas dari setiap bagian poligon tersebut seperti berikut:

Luas segitiga ABC = 1/2 × AB × BC = 1/2 × 8 × 5 = 20 m²

Luas segitiga ACD = 1/2 × AD × DC = 1/2 × 5 × 7 = 17,5 m²

Setelah menghitung luas dari setiap bagian poligon, kita dapat menjumlahkan keduanya untuk mendapatkan luas tanah segi empat tidak beraturan secara keseluruhan. Dalam contoh ini, luas tanah segi empat tidak beraturan adalah:

Luas tanah segi empat tidak beraturan = luas segitiga ABC + luas segitiga ACD = 20 m² + 17,5 m² = 37,5 m²

Kesimpulan

Dalam menghitung luas tanah segi empat tidak beraturan, kita perlu mengikuti beberapa langkah dasar yaitu menentukan titik sudut tanah, menghubungkan titik sudut tersebut dengan garis lurus, membagi poligon menjadi beberapa bagian poligon kecil, dan menghitung luas setiap bagian poligon tersebut. Dengan demikian, kita dapat menghitung luas tanah segi empat tidak beraturan dengan mudah dan akurat.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Tanah Segi Empat Tidak Beraturan ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Tanah Persegi Tidak Beraturan